UMM Institutional Repository

ANALISIS KINERJA KEUANGAN INDUSTRI FINANCE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (2003 – 2010)

Rohman, Handik Ali (2012) ANALISIS KINERJA KEUANGAN INDUSTRI FINANCE YANG GO PUBLIC DI BURSA EFEK INDONESIA (2003 – 2010). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-handikalir-30049-1-pendahul-n.pdf

Download (157kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-handikalir-30049-2-babi.pdf

Download (33kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini yang berjudul Analisis Kinerja Keuangan Pada Industri Finance yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia (2003- 2010) bertujuan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan Finance yang Go Publik di Bursa Efek Indonesia periode tahun 2003- 2010. Dihitung dengan menggunakan rasio rentabilitas, rasio solfabilitas, rasio likuiditas, dan rasi efisiensi serta menggunakan metode Cross Section yaitu membandingkan kinerja keuangan perusahaan tiap- tiap tahun sesuai standar perusahaan finance yang telah ditentukan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Tujuan pengukuran kinerja perusahaan adalah untuk mengetahui tingkat rentabilitas (ROA), solfabilitas (Debt ratio), likuiditas (rasio lancar), dan efisiensi digunakan untuk mengetahui hasil laba selama periode tertentu yang telah diteliti dan stabilitas usaha yaitu kemampuan perusahaan untuk melakukan usahanya dengan kondisi stabil. Penelitian ini penelitian ini termasuk penelitian deskriptif, dimana bertujuan untuk mendeskrepsi apa- apa yang saat ini berlaku. Peneliti ini tidak menguji hipotesa, melainkan mendiskripsikan fenomena yang ada sesuai variabel- variabel yang diteliti. tekhnik analisis data yang digunakan adalah metode kuantitatif yaitu dengan menggunakan perhitungan yang relevan terhadap masalah yang diteliti berdasarkan standart yang telah ditetapkan oleh Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia. Adapun data yang digunakan berupa laporan keuangan yang terdiri dari neraca dan laporan laba rugi perusahaan finance yang go pubik. Dari hasil perhitungan Perusahan Adira Dinamika Multi Finance tbk, Clipan Finance Indonesia tbk, Bina Dana Tama tbk, Bfi Finance tbk dan Dana Supra Erapacific tbk perusahan keseluruhan pada pada kondisi baik karena pada hasil perhitungan aspek rentabilitas, likuiditas dan efisiensi berada diatas standar rata- rata terbaiknya yaitu rasio rentabilitas diatas 1,5%, rasio likuidtas kurang dari 1500%, dan rasio efisiensi kurang dari 92%. Sedangkan pada rasio solfabilitas Perusahan Adira Dinamika Multi Finance tbk berada pada multifinance kecil, Clipan Finance Indonesia tbk berada pada multifinance menengah, Bina Dana Tama tbk berada pada multifinance menengah, Bfi Finance tbk berada pada multifinance menengah dan Dana Supra Erapacific berada pada multifinance besar, sesuai standar terbaiknya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 04 May 2016 02:41
Last Modified: 04 May 2016 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29066

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo