UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGTK (TEAMS GAMES TOURNAMENT KOLASE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS III SEMESTER II SDN BENDOSARI 03 PUJON KABUPATEN MALANG

KRISTINAWATI, SIVA ANGGRAENI (2012) PENERAPAN MODEL KOOPERATIF TIPE TGTK (TEAMS GAMES TOURNAMENT KOLASE) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TENTANG LUAS BANGUN DATAR SISWA KELAS III SEMESTER II SDN BENDOSARI 03 PUJON KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sivaanggra-30168-1-pendahul-n.pdf

Download (94kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sivaanggra-30168-2-babi.pdf

Download (38kB) | Preview

Abstract

Kecenderungan belajar anak usia Sekolah Dasar memiliki tiga ciri yaitu konkrit, integratif, dan hierarkis. Guru dapat menciptakan pembelajaran yang menarik sesuai dengan karakteristik siswa Sekolah Dasar. Hasil observasi di SDN Bendosari 03 Pujon terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan tentang materi luas bangun datar. Hal ini dikarenakan dalam memahami materi matematika yang dipelajari dalam bentuk simbol sehingga siswa kesulitan dan mengurangi minat belajar terhadap materi. Selain itu penggunaan media yang kurang variatif membuat siswa kurang memahami materi yang disampaikan. Berdasarkan permasalahan ini alternatif pembelajaran dapat dilakukan dalam model kooperatif tipe TGTK. Sehingga penerapan Teams Games Tournament Kolase dapat meningkatkan hasil belajar siswa tentang luas bangun datar siswa kelas III semester II SDN Bendosari 03 Pujon. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah (1) Menerapkan model kooperatif tipe Teams Games Tournament Kolase untuk meningkatkan hasil belajar tentang luas bangun datar pada pelajaran matematika siswa kelas III SDN Bendosari 03 Pujon, (2) Meningkatkan hasil belajar siswa tentang luas bangun datar dengan menerapkan model kooperatif tipe Teams Games Turnament Kolase di kelas III SDN Bendosari 03 Pujon. Penelitian ini dilakukan di SDN bendosari 03 Pujon siswa kelas III yang terdiri dari 16 siswa tahun ajaran 2011/2012. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan rancangan penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Masing-masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data antara lain: observasi, dokumentasi, wawancara, tes dan lembar kerja siswa. Analisis yang digunakan menggunakan teknik deskriftif kualitatif. Data yang diperoleh diolah melalui tahap: seleksi data, pengkoreksian data, pembobotan data, penyimpulan data. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan TGTK (Teams Games Tournament Kolase) dapat meningkatkan hasil belajar tentang luas bangun datar siswa kelas III SDN Bendosari 03 Pujon yang ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang tuntas belajar dari siklus I sebanyak 56,25% (9 siswa) dan meningkat pada siklus II dengan 87,5% (14 siswa) dengan ini penelitian sudah berhasil karena sudah melebihi kriteria keberhasilan yaitu 80%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:34
Last Modified: 04 May 2016 02:34
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29065

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo