UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS IV SDN PANDANWANGI I MALANG

FATMAWATI, RIA (2012) PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PENGUMUMAN BAHASA INDONESIA DENGAN PENDEKATAN KETERAMPILAN PROSES SISWA KELAS IV SDN PANDANWANGI I MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riafatmawa-30196-1-pendahul-n.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-riafatmawa-30196-2-babi.pdf

Download (129kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pendekatan keterampilan proses pembelajaran menulis pengumuman dan peningkatan keterampilan menulis pengumuman dengan pendekatan keterampilan proses pada siswa kelas IV SDN Pandanwangi I Malang. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan jenis penelitian PTK (Penelitian Tindakan Kelas). Subyek penelitian adalah siswa kelas IV. Pelaksanaan PTK dilakukan dari siklus I sampai siklus II. Setiap tindakan menggunakan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi, dokumen, dan tes kemampuan siswa dalam menulis pengumuman, serta kemampuan guru dalam melaksanakan prosedur pembelajaran. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik observasi, teknik dokumen, dan tes. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Pelaksanaan tindakan siklus I dan siklus II menggunakan pendekatan keterampilan proses menulis yang terdiri atas lima tahap yaitu pra menulis, penyusunan dan penerapan konsep/pemburaman, perbaikan, penyuntingan, dan publikasi. Penilaian pada siklus I dan siklus II difokuskan pada penilaian aktifitas siswa selama proses pembelajaran, penilaian proses menulis, penilaian hasil karya siswa serta penilaian kemampuan guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. penilaian tersebut digunakan untuk memantau perkembangan pemahaman siswa dan kemampuan guru dalam melaksanakan prosedur pembelajaran. Berdasarkan hasil proses pembelajaran menulis pengumuman, diketahui nilai rata-rata kelas mengalami peningkatan. Pada kegiatan pra tindakan nilai rata-rata kelas sebesar 73,5 dengan prosentase ketuntasan sebesar 55,6%. Pada siklus I nilai rata-rata kelas sebesar 79,4 dengan prosentase ketuntasan sebesar 66,7%, dan kemudian rata-rata kelas pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 80,57 dengan prosentase ketuntasan sebesar 87,03%. Total peningkatan kemampuan siswa dalam menulis pengumuman dengan pendekatan keterampilan proses sebesar 31,43%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan pendekatan keterampilan proses dalam menulis pengumuman yang dilakukan pada siklus I sampai siklus II terbukti dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pengumuman sehingga hasil belajar yang didapatkan lebih optimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:20
Last Modified: 04 May 2016 02:20
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29060

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo