UMM Institutional Repository

PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK KEPOLISIAN MELALUI PROGRAM SIM CORNER (Studi pada Masyarakat Pengguna Jasa SIM CORNER di Plaza Tunjungan Surabaya)

Fauzi, Reza Mehdi (2011) PERSEPSI MASYARAKAT TERHADAP PELAYANAN PUBLIK KEPOLISIAN MELALUI PROGRAM SIM CORNER (Studi pada Masyarakat Pengguna Jasa SIM CORNER di Plaza Tunjungan Surabaya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rezamehdif-21170-PENDAHUL-N.pdf

Download (138kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-rezamehdif-21170-BAB+I.pdf

Download (264kB) | Preview

Abstract

Pelayanan publik yang prima sangat menunjang hubungan yang baik antara pelayan publik dan pelanggan. Kepolisian Negara Republik Indonesia merupakan salah satu pelayan masyarakat yang sering mendapat sorotan terhadap kualitas layanan publik. Hubungan antara kepolisian dan masyarakat inilah yang sering terjadi konflik, terutama dalam hal layanan publik. Masyarakat sebagai pihak yang membutuhkan layanan kepolisian seringkali menjadi posisi yang lemah sehingga memunculkan persepsi buruk dari masyarakat. Akibatnya, citra negatif terhadap lembaga kepolisian sangat melekat dirasakan oleh masyarakat. Polrestabes Surabaya sebagai penyelenggara pelayanan publik membuat terobosan baru sebagai bentuk layanan publik yang berkualitas dengan membuka SIM CORNER, yakni perpanjangan SIM A dan SIM C yang berlokasi di Plaza Tunjungan sebagai pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah "Bagaimana persepsi masyarakat pengguna jasa SIM CORNER terhadap pelayanan publik kepolisian ini?". Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik Kepolisian melalui program SIM CORNER. Persepsi yang diteliti meliputi 1.) Prosedur yang jelas, 2.) Kepastian jangka waktu penyelesaian, 3.) Biaya yang harus dikeluarkan, 4.) Persyaratan yang transparan, 5.) Sikap petugas yang responsive, serta 6.) Fasilitas yang diberikan kepada pelanggan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengguna jasa SIM CORNER. Sampel penelitian dengan menggunakan teknik aksidental sampling dan didapat 11 responden sebagai sampel. Penelitian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik wawancara, dokumentasi, dan observasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles dan Huberman, yaitu Data Reduction, Data Display, Conclusing Drawing/Verivication. Berdasarkan wawancara yang dilakukan peneliti terhadap 11 responden, disimpulkan bahwa pelayanan publik SIM CORNER cukup prima. Dari hasil analisis data diperoleh, (1) Persepsi masyarakat terhadap prosedur SIM CORNER cenderung positif, (2) Persepsi masyarakat terhadap persyaratan SIM CORNER cenderung positif, (3) Persepsi masyarakat terhadap waktu SIM CORNER cenderung positif, (4) Persepsi masyarakat terhadap biaya SIM CORNER cenderung positif, (5) Persepsi masyarakat terhadap sikap petugas SIM CORNER cenderung positif, (6) Persepsi masyarakat terhadap fasilitas SIM CORNER cenderung positif. Dari pernyataan keseluruhan menunjukkan bahwa persepsi masyarakat terhadap pelayanan publik kepolisian SIM CORNER memberikan pelayanan yang prima dan berkualitas serta diharapkan membuka pos baru di lokasi strategis seperti pusat pendidikan, taman hiburan dan bermain dengan harapan SIM CORNER dekat dengan seluruh lapisan masyarakat membentuk citra positif bagi kepolisian.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 04 May 2016 02:22
Last Modified: 04 May 2016 02:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29059

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo