UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA DENGAN MEDIA WAYNA PADA SISWA KELAS V SDN SOKO KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2011-2012

Agustina, Halim Zahro (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERBAHASA JAWA KRAMA DENGAN MEDIA WAYNA PADA SISWA KELAS V SDN SOKO KECAMATAN BANDUNG KABUPATEN TULUNGAGUNG TAHUN AJARAN 2011-2012. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-halimzahro-30198-1-pendahul-n.pdf

Download (250kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-halimzahro-30198-2-babi.pdf

Download (42kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran bahasa Jawa khususnya materi bahasa Jawa krama di SDN Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung belum sesuai dengan yang diharapkan. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti diketahui bahwa kemampuan siswa dalam berbahasa Jawa krama rendah. Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yang ditentukan adalah 70, tetapi siswa yang belum tuntas sebanyak 62,5%. Penyebabnya adalah (a) siswa tidak terbiasa menggunakan bahasa Jawa krama ketika berkomunikasi, (b) siswa menganggap berbahasa Jawa krama sulit, (c) siswa kurang antusias pada saat pembelajaran bahasa Jawa berlangsung, (d) tidak menggunakan media pembelajaran yang menarik. Untuk mengatasi berbagai permasalahan tersebut peneliti menggunakan media Wayna. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penggunaan media Wayna agar dapat menarik perhatian siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa di SDN Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung?, (2) Bagaimanakah peningkatan kemampuan berbahasa Jawa krama siswa dengan menggunakan media Wayna di SDN Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung?. Penelitian ini bertujuan untuk untuk meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa krama dengan cara menarik perhatian siswa kelas V di SDN Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung dengan menggunakan media Wayna. Penelitian ini merupakan Penelitian Kualitatif dengan menggunakan Rancangan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang meliputi penyusunan rencana, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung, dengan jumlah siswa 16 orang yang terdiri dari 11 siswa laki-laki dan 5 siswa perempuan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pra siklus 43,75% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 56,25% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Pada siklus I 56,25% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 43,75% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Sedangkan pada siklus II 87,5% siswa mencapai ketuntasan belajar dan 12,5% siswa belum mencapai ketuntasan belajar. Hal ini membuktikan bahwa pada siklus I dan siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam berbahasa Jawa krama. Kesimpulan yang diperoleh dari data tersebut adalah penerapan media Wayna dapat meningkatkan kemampuan berbahasa Jawa krama pada siswa kelas V SDN Soko Kecamatan Bandung Kabupaten Tulungagung.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 04 May 2016 02:08
Last Modified: 04 May 2016 02:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29056

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo