UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SDN TULUSREJO 2 MALANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC)

AMELIA, DELORA JANTUNG (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS KARANGAN SEDERHANA PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS III DI SDN TULUSREJO 2 MALANG MELALUI MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE INTEGRATED READING COMPOSITION (CIRC). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-delorajant-28486-1-pendahul-n.pdf

Download (59kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-delorajant-28486-2-babi.pdf

Download (220kB) | Preview

Abstract

Masalah yang dihadapi oleh guru kelas III Di SDN Tulusrejo 2 Malang adalah rendahnya nilai menulis karangan sederhana ketuntasan hanya mencaai 30,4% dalam pembelajaran menulis karangan sederhana. Hal tersebut terjadi di antaranya karena: (1) rendahnya kemampuan siswa dalam menemukan ide yang akan ditulis, (2) rendahnya kemampuan siswa dalam menghubungkan hubungan antar kalimat, (3) susahnya penempatan penggunaan diksi terkadang masih bercampur dengan bahasa daerah serta, (4) rendahnya kemampuan siswa dalam penggunaan tanda baca. Untuk itu penulis beserta guru kelas ingin meningkatkan hasil menulis karangan sederhana dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition yaitu model pembelajaran yang melatih siswa untuk melakukan kegiatan bersama dan bekerja sama dalam membuat suatu karangan, sehingga nantinya setiap siswa akan terlibat di dalam proses pembelajaran. Disini siswa juga akan digali dan diasah bakat dan minatnya pada keterampilan menulis. Siswa akan dapat menuangkan pikirannya sesuai dengan imajinasinya masing-masing mengenai masalah yang diberikan oleh guru. Masalah yang diteliti antara lain, Bagaimana penerapan model pembelajaran CIRC dalam menulis karangan sederhana? Apakah model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan sederhana? Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan (Action Research) yaitu penelitian yang dirancang untuk memperdayakan semua partisipan dalam proses (siswa, guru dan peserta lainnya) dengan maksud untuk meningkatkan praktik yang diselengarakan di dalam pengalaman pendidikan. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang menggunakan model Kemis dan Mc Taggart. Langkah penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran CIRC dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis karangan sederhana. Peningkatan aktivitas belajar siswa dapat diketahui dengan pengamatan terhadap (1) kerjasama dalam kelompok, (2) keaktifan belajar, serta (3) perhatian dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil tes menulis karangan sederhana diketahui rata-rata nilai hasil belajar mengalami peningkatan pada pra siklus ketuntasan belajar siswa mencapai 30,4%, pada siklus I ketuntasan hasil belajar mencapai 47,8% sedangkan pada siklus ke II hasil belajar siswa mencapai 86,6%. Peningkatan tersebut membuktikan bahwa model pembelajaran Cooperative Integrated Reading Composition dapat meningkatkan hasil belajar menulis karangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 09:03
Last Modified: 03 May 2016 09:03
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29051

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo