UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INGGRIS KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG

ASTUTI, TIMIN OKTO (2012) PENGGUNAAN MEDIA BIG BOOK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MEMBACA BAHASA INGGRIS KELAS 3 SD MUHAMMADIYAH 08 DAU MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-timinoktoa-28527-1-pendahul-n.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-timinoktoa-28527-2-babi.pdf

Download (154kB) | Preview

Abstract

Hasil pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Inggris kelas III-B di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang khususnya pada keterampilan membaca siswa masih sangat rendah. Hal ini disebabkan, karena guru belum menggunakan media pembelajaran yang tepat. Untuk mengatasi permasalahan tersebut dengan diterapkannya pembelajaran yang menggunakan media Big book. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan media pembelajaran Big book untuk meningkatkan hasil belajar membaca siswa kelas III-B pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. 2) mengetahui peningkatan hasil belajar membaca kelas III-B pada mata pelajaran Bahasa Inggris di SD Muhammadiyah 08 Dau Malang dengan menggunakan media pembelajaran Big book. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Big Book merupakan salah satu media pembelajaran yang digunakan untuk membantu keterampilan membaca. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan media pembelajaran Big Book dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: pengaturan tempat duduk, penggunaan alat penunjuk (stick), memperkenalkan gambar pelaku dalam cerita seperti menyebutkan nama pelaku, Guru membuka halaman cerita satu persatu mulai halaman pertama kemudian guru mengajarkan cara mengeja huruf dari kata perkata dan melafalkan kata, frasa, dan kalimat yang ada pada teks cerita big book, Guru mengajarkan siswa cara membaca kata, frasa, dan kalimat yang ada pada teks cerita big book, Pada saat membaca teks, guru membacakan dengan suara yang keras agar seluruh siswa mendengar dengan baik, memberikan penutup pada akhir cerita, penutup dapat berbentuk pertanyaan kepada siswa. 2 ) Penggunaan media pembelajaran Big Book dapat meningkatkan hasil belajar membaca siswa. Pada hasil tes membaca pada siklus I perolehan nilai rata-rata hasil belajar membaca secara klasikakal sebesar 65,27%, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata hasil belajar membaca secara klasikal meningkat menjadi 74,80%. Peningkatan nilai hasil belajar membaca ini meliputi empat aspek keterampilan membaca yang dijadikan kriteria penilaian yaitu lafal, intonasi, kelancaran,dan kecepatan. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan Media Big book dapat meningkatkan hasil belajar membaca Bahasa Inggris di kelas III-B SD Muhammadiyah 08 Dau Malang. Disarankan media Big book dapat digunakan sebagai media alternatif guru untuk mengajarkan keterampilan membaca siswa

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 09:02
Last Modified: 03 May 2016 09:02
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29050

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo