UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PEMERINTAHAN PUSAT MATAA PELAJARAN PKn KELAS IV MI SUNAN GIRI MALANG

JANNAH, ITA ROHDHATUL (2012) PENGGUNAAN METODE ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA PADA MATERI PEMERINTAHAN PUSAT MATAA PELAJARAN PKn KELAS IV MI SUNAN GIRI MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-itarohdhat-28604-1-pendahul-n.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-itarohdhat-28604-2-babi.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Penelitian didasari atas pemikiran bahwa pembelajaran PKn di MI Sunan Giri Malang masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah, akibatnya siswa terlihat kurang aktif dan berdampak pada kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pemerintahan pusat sehingga hasil belajar siswa menjadi rendah. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui bagaimana penerapan metode role playing untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn kelas IV MI Sunan Giri Malang dan untuk mengetahui bagaimana peningkatan pemahaman siswa pada materi pemerintahan pusat setelah menggunakan metode role playing mata pelajaran PKn kelas IV MI Sunan Giri Malang. Penelitian ini dilakukan di MI Sunan Giri Malang pada siswa kelas IV yang terdiri dari 20 siswa tahun ajaran 2011/2012. Rancangan penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 2 (dua) siklus. Masing-masing siklus terdiri atas 4 tahap yaitu: a) perencanaan , b) pelaksanaan, c) observasi, dan d) refleksi. Berdasarkan hasil penelitian membuktikan bahwa hasil belajar siswa mulai siklus I sampai pada siklus II semua siswa menunjukkan peningkatan dalam pemahaman mereka tentang materi pemerintahan pusat. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 65%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95%. Hal ini membuktikan bahwa metode role playing dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pemerintahan pusat. Kesimpulan dari hasil penelitian ini yaitu: 1) Penerapan metode role playing untuk meningkatkan pemahaman siswa pada materi pemerintahan pusat dilaksanakan melalui beberapa tahap yaitu tahap penentuan materi, tahap pemberian contoh, tahap pembentukan kelompok, tahap pemilihan pemeran, tahap penyiapan pengamat, tahap pemeranan, dan tahap evaluasi. 2) Penggunaan metode role playing dapat meningkatkan pemahaman siswa pada materi pemerintahan pusat mata pelajaran PKn kelas IV MI Sunan Giri Malang. Hal ini ditandai dengan terjadinya peningkatan hasil belajar dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I ketuntasan belajar secara klasikal yaitu 65%, sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 95%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:54
Last Modified: 03 May 2016 08:54
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29048

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo