UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE BERMAIN BERDAGANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KABUPATEN MALANG

WAHYUNI, SRI (2012) PENERAPAN METODE BERMAIN BERDAGANG UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA PEMBELAJARAN TEMATIK SISWA KELAS II SD MUHAMMADIYAH 08 DAU KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sriwahyuni-28605-1-pendahul-n.pdf

Download (642kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sriwahyuni-28605-2-bab1.pdf

Download (185kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi awal yang menunjukkan belum terlaksananya pembelajaran tematik secara maksimal di kelas II SD Muhammadi-yah 08 Dau Kabupaten Malang. Hal ini dikarenakan pembelajaran tematik merupakan hal baru sehingga terdapat kesulitan dalam memadukan beberapa disiplin ilmu dalam tema yang sama, belum ada bahan ajar yang mendukung, kurangnya wawasan tentang apa, mengapa, dan bagaimana pelaksanaan pembelajaran tematik, serta pembelajaran tematik dianggap menghambat siswa dalam mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran tentang penerapan metode bermain berdagang untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik siswa kelas II SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang dan mengetahui adanya peningkatan hasil belajar IPA dengan menerap-kan metode bermain berdagang pada pembelajaran tematik. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan penelitian kualitatif desain penelitian tindakan kelas. Adapun prosedur penelitiannya adalah perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan dan observasi, serta refleksi yang dilaksanakan dalam dua siklus. Penerapan metode bermain berdagang untuk meningkatkan hasil belajar IPA pada pembelajaran tematik siswa kelas II SD Muhammadiyah 08 Dau Kabupaten Malang dengan menggunakan sintak; membagi siswa ke dalam beberapa kelompok, setiap kelompok melakukan pengamatan (observasi) untuk menemu-kan benda yang berguna di sekitar kelas, menuliskan hasil temuan beserta kegunaannya pada kertas yang telah disediakan, memberi selotip pada kertas yang telah berisi tulisan, menempelkan kertas pada punggung masing-masing siswa, bersama teman kelompok berkeliling ke kelompok lain untuk melihat tulisan yang ada di punggung temannya (berdagang), membuat rangkuman dari hasil kegiatan bermain berdagang, mempresentasikan hasil kegiatan bermain berdagang, dan siswa bersama guru bersama-sama membuat kesimpulan tentang materi pelajaran yang telah dilakukan. Berdasarkan hasil observasi, diketahui ketercapaian pelaksanaan pembelajaran tematik mengalami peningkatan. Terlihat dari keterca-paian siklus I sebesar 92,15% menjadi 93,75% pada siklus II. Berdasarkan hasil tes/evaluasi pembelajaran, diketahui rata-rata nilai tes hasil belajar IPA siswa mengalami peningkatan. Nilai rata-rata tes hasil belajar IPA siswa pada siklus I 88,5 meningkat menjadi 99,1 pada siklus II. Selain itu diketahui pula, bahwa ketuntasan hasil belajar klasikal meningkat 3%. Sebanyak 97% siswa telah mencapai ketuntasan belajar pada siklus I dan meningkat menjadi 100% pada siklus II, hal ini melebihi kriteria ketuntasan klasikal yaitu 75%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:53
Last Modified: 03 May 2016 08:53
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29047

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo