UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI BERDASARKAN MEDIA VIDEO DRAMA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 09 KOTA MALANG TAHUN 2011/2012

SUZANA, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MENULIS NARASI BERDASARKAN MEDIA VIDEO DRAMA SISWA KELAS IV SD MUHAMMADIYAH 09 KOTA MALANG TAHUN 2011/2012. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suzana0839-28606-1-pendahul-n.pdf

Download (77kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suzana0839-28606-2-babi.pdf

Download (29kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi, terdapat adanya beberapa kesulitan yang dialami siswa kls IV SD Muhammadiyah 09 Kota Malang dalam menulis karangan narasi. Hal itu disebabkan karena materi menulis hanya dilakukan didalam ruangan, metode atau media pembelajaran yang digunakan kurang memperhatikan kebiasaan belajar siswa sehingga membuat siswa kurang mampu memahami materi dan kurangnya pemanfaatan media yang ada, akibatnya siswa malas dan hasil belajarnya rendah. Salah satu alternatif yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan media video drama dalam pembelajaran menulis narasi.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk peningkatan hasil belajar siswa dalam menulis narasi berdasarkan media video drama pada siswa kelas IV SD Muhammadiyah 09 Kota Malang. Desain penelitian yang digunakan adalah PTK yang diselesaikan dalam 2 siklus. Subjek dan tempat dalam penelitian adalah siswa kelas IVA SD Muhammadiyah 09 Kota Malang dengan jumlah 31 siswa yang terdiri 12 siswa laki-laki dan 19 siswa perempuan.Teknik penggumpulan data yang digunakan yaitu : (1) observasi, (2) dokumentasi, (3) wawancara, (4) tes. Untuk mencapai tujuan penelitian tersebut digunakan teknik analisis data secara kualitatif dimana data yang diperoleh disajikan dalam bentuk kata-kata dan tabel untuk mengilustrasikan keadaan yang sebenarnya pada saat penelitian berlangsung. Berdasarkan hasil PTK yang telah dilakukan dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video drama dapat meningkatkan hasil belajar menulis narasi hal ini dapat ditunjukkan bahwa presentase hasil belajar rata-rata nilai pada prasiklus 16,20%, siklus I 48% dan kemudian rata-rata nilai pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 90,40%. Pada siklus II dapat diketahui bahwa penelitian sudah berhasil karena sudah melebihi kriteria keberhasilan yaitu 80%. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan media video drama dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam menulis narasi dan dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan. Sehingga disarankan kepada semua guru SD agar bisa memanfaatkan media yang ada dilingkungan sekitar sebagai media belajar.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:51
Last Modified: 03 May 2016 08:51
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29046

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo