UMM Institutional Repository

PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI METODE KARYA WISATA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM AMPELDENTO KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG

JUWITA, DWI RATNA (2012) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MELALUI METODE KARYA WISATA SISWA KELAS V MI MIFTAHUL ULUM AMPELDENTO KECAMATAN KARANGPLOSO KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiratnaju-28607-1-pendahul-n.pdf

Download (82kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwiratnaju-28607-2-babi.pdf

Download (27kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini diawali dari hasil observasi, bahwa dari 31 siswa kelas V MI. Miftahul Ulum Ampeldento belum mengalami ketuntasan belajar pada materi menulis. Hal ini disebabkan karena kurangnya kemampuan siswa dalam hal menulis karangan, yang antara lain: (1) siswa belum bisa berfikir secara abstrak, dikarenakan diusia perkembangan mereka masih tergolong dalam berfikir secara operasional konkrit, (2) kurangnya kemampuan dalam mengungkapkan dan menuangkan ide/gagasan dalam bentuk karangan, (3) Siswa juga kurang memperhatikan penggunaan ejaan dan tanda baca, (4) siswa kurang memperhatikan penggunaan pilihan kata karena masih banyak yang bercampur dengan penggunaan bahasa Jawa dalam penulisan sebuah karangan. Berdasarkan hal tersebut, siswa tidak dapat mencapai SKM yang ditentukan oleh sekolah. Sehingga penelitian ini bertujuan untuk menerapkan metode karya wisata sebagai salah satu metode yang dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas V MI. Miftahul Ulum Ampeldento Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan desain penelitian model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek dan tempat dalam penelitian adalah siswa kelas V MI. Miftahul Ulum Ampeldento Kecamatan Karangploso Kabupaten Malang. Dengan jumlah 31 siswa yang terdiri 18 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Sesuai dengan ketercapaian tujuan penelitian ini dilakukan dalam 2 siklus. Data-data dalam penelitian diperoleh dari hasil observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Analisis data dilakukan secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I 35,5% siswa mencapai ketuntasan dalam menulis karangan dan 65,5% belum mencapai ketuntasan dalam menulis karangan. Sedangkan pada siklus II 87% siswa mencapai ketuntasan dalam menulis karangan dan 13% belum mencapai ketuntasan dalam menulis karangan. Hal ini menunjukkan bahwa pada siklus II terjadi peningkatan kemampuan siswa dalam menulis karangan. Hal ini membuktikan bahwa penerapan metode karya wisata dapat meningkatkan kemampuan dan pemahaman siswa dalam menulis karangan. Selain itu metode karya wisata ini dapat menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan, dikarenakan pembelajarannya secara kontekstual dan dilakukan diluar kelas. Penelitian ini dapat direkomendasikan dalam mengajarkan materi menulis karangan bahasa Indonesia.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:48
Last Modified: 03 May 2016 08:48
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29042

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo