UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE BERMAIN AMPOAL (AMPLOP DAN POHON SOAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN SISWA KELAS IV SDN POLEHAN 2 MALANG

HARYANTI, ERIEC (2012) PENERAPAN METODE BERMAIN AMPOAL (AMPLOP DAN POHON SOAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN SISWA KELAS IV SDN POLEHAN 2 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eriecharya-28978-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-eriecharya-28978-2-babi.pdf

Download (242kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi tanggal 14 Juli 2011 pada pembelajaran matematika operasi hitung bilangan cacah, ditemukan permasalahan yaitu dari 38 siswa baru 22 siswa (58%) dikatakan tuntas belajar dengan rata-rata nilai klasikal sebesar 65. Berdasarkan hasil wawancara, diketahui bahwa aktivitas siswa hanya sekedar mendengarkan, mencatat dan mengerjakan tugas serta kurangnya media pendukung. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan penerapan metode bermain ampoal (amplop dan pohon soal) karena dalam metode bermain siswa dirangsang dalam berpikir dengan bermain untuk menanamkan konsep matematika. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Polehan 2 Malang dengan menerapkan metode bermain ampoal (amplop dan pohon soal). Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Polehan 2 Malang. Instrument pengumpulan data melalui tes terakhir di setiap siklusnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Penerapan metode bermain ampoal dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) permainan amplop soal yaitu dilakukan dengan guru mengkondisikan siswa menjadi kelompok, setiap kelompok diminta mengerjakan soal yang terdapat didalam amplop dan memasangkannya dengan jawaban yang ditulis didepan amplop, kelompok tercepat dan benar adalah pemenangnya, b) permainan pohon soal yaitu dilakukan dengan guru menaruh soal di dalam amplop pada pohon soal, salah satu siswa diminta mengambil satu soal pada pohon soal, kemudian dibacakan di depan kelas, seluruh siswa menuliskan soal tersebut pada lembar kerja yang telah disediakan dan diminta menyelesaikannya dengan waktu 1 menit, kemudian kegiatan ini dilakukan berulang-ulang sesuai jumlah soal yang diinginkan. 2) Penggunaan metode bermain ampoal dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan. Pada hasil belajar siklus I diperoleh rata-rata nilai klasikal sebesar 70. Pada siklus II, rata-rata nilai klasikal mengalami peningkatan menjadi 80. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode bermain ampoal dapat meningkatkan hasil belajar operasi hitung bilangan siswa kelas IV SDN Polehan 2 Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:39
Last Modified: 03 May 2016 08:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29037

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo