UMM Institutional Repository

ANALISIS PERANAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH ( Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Malang )

NAFITRI, SURYA ADI (2012) ANALISIS PERANAN RETRIBUSI PELAYANAN PASAR TERHADAP PENDAPATAN ASLI DAERAH ( Studi Pada Dinas Pendapatan Kabupaten Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suryaadina-28599-2-babi.pdf

Download (19kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-suryaadina-28599-1-pendahul-n.pdf

Download (54kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan pada Dinas Pendapatan Kabupaten Malang dengan mengambil judul Analisis Peranan Retribusi Pelayanan Pasar Terhadap Pendapatan Asli Daerah Tahun 2007 – 2011 Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana perkembangan Penerimaan retribusi pelayanan pasar dalam menunjang peningkatan Pendapatan Asli Daerah di Kabupaten Malang dan untuk mengetahui seberapa besar kontribusi retribusi pelayanan pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Malang. Alat analisis yang digunakan untuk mengetahui seberapa besar perkembangan penerimaan retribusi pelayanan pasar, perkembangan pendapatan asli daerah, dan seberapa besar kontribusi retribusi pelayanan pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah adalah analisis prosentase. Data diperoleh dari Dinas Pendapatan Daerah dari tahun anggaran 2007 – 2011. Hasil perhitungan dengan alat analisis prosentase untuk perkembangan penerimaan retribusi pelayanan pasar nilai rata-rata kenaikannya sebesar 6,76 % per tahun dan perkembangan Pendapatan Asli Daerah rata-rata sebesar 21,70 % per tahun. Sedangkan nilai kontribusi retribusi pelayanan pasar terhadap Pendapatan Asli Daerah rata-rata sebesar 3,02 % per tahun. Dari hasil analisis tersebut maka dapat disimpulkan bahwa pemungutan retribusi pasar mempunyai pengaruh yang positif terhadap Pendapatan Asli Daerah, semakin tinggi Pendapatan Asli Daerah yang berasal dari pungutan retribusi pelayanan pasar maka akan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah. Berdasarkan kesimpulan diatas penulis dapat mengimplikasikan bahwa untuk lebih meningkatkan penerimaan retribusi pelayanan pasar melalui peningkatan pengawasan aparat pemungut retribusi pelayanan pasar, meningkatkan kemampuan dan keahlian pemungut retribusi pasar melalui pembinaan dan pelatihan, menumbuhkan kesadaran para pedagang di pasar untuk membayar kewajibannya dan perlu diadakan pengalokasian dan perubahan denah bedag, kios sesuai dengan macam-macam jenis penjualan agar lebih tertib dan memberikan kemudahan serta rasa nyaman kepada pembeli.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 May 2016 08:37
Last Modified: 03 May 2016 08:37
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29036

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo