UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VA SDN BAKALAN KRAJAN 1 MALANG

BASRI, MUSLIKHUL (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MATERI KEUTUHAN NKRI MELALUI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA SISWA KELAS VA SDN BAKALAN KRAJAN 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--muslikhulb-27886-1-pendahul-n.pdf

Download (525kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--muslikhulb-27886-2-babi.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Hasil observasi dan wawancara dengan guru kelas VA SDN Bakalan Krajan 1 Malang masih banyak siswa dibawah kreteria ketuntasan minimum (KKM), Salah satu penyebab tidak tuntasnya hasil belajar adalah rendahnya aktivitas siswa dalam hal menanggapi maupun bertanya, dan hasil belajar siswa rendah karena siswa lebih cenderung untuk menghafal dari pada memahami materi yang diajarkan. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran yang dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa. Altematif model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu pembelajaran kooperatiftipe tipe STAD (Student Teams Archivement Divisions). Model pembelajaran ini banyak melibatkan siswa secara langsung dalam mengerjakan soal-soal serta keterlibatan teman sebaya yang berkemampuan akademik tinggi dalam kelompok-kelompok belajar di kelas dapat memudahkan siswa dalam memahami materi pelajaran. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas V A SDN Bakalan Krajan 1 Malang dan bagaimana pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Jenis penelitian ini adalah PTK (Penelitian Tindakan Kelas) yang memerlukan beberapa siklus. Subyek penelitian adalah mata pelajaran PKn pada semester ganjil tahun akademik 2011/2012, Obyek penelitian adalah siswa kelas V A SDN Bakalan Krajan 1 Malang yang berjumlah 43 siswa, terdiri dari 24 siswa laki-laki dan 19 siswi perempuan. Penelitian dilaksanakan tanggal pada bulan Agustus-September. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumintasi dan tes. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar PKn pada siswa kelas V A SDN Bakalan Krajan 1 Malang, dengan pelaksanaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD. Hasil rata-rata pada siklus I yaitu berjumlah 55,5 dan siklus II berjumlah 62,37. Presentase hasil belajar siswa dengan jumlah KKM yang di tentukan sekolah yaitu 60. Pada siklus I yang mencapai ketuntasan yaitu 58,1% dan siswa yang belum mencapai ketuntasan yaitu 41,9%. Sedangkan pada siklus II yang mencapai ketuntasan adalah 79,1% dan yang belum tuntas yaitu 20,9%. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar PKn Siswa Kelas V A SDN Bakalan Krajan 1 Malang. Serta sudah banyak siswa yang berpartisipasi aktif dan sudah dapat bekerja sama dengan teman kelompoknya. Peningkatan hasil belajar ini karena guru selalu memperbaiki kinerjanya pada setiap siklus.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:31
Last Modified: 03 May 2016 08:31
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29034

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo