UMM Institutional Repository

ANALISIS KINERJA KEUANGAN KOPERASI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KOTA BATU TAHUN 2007 – 2009

ARIEF, MOH. ZAZULI (2012) ANALISIS KINERJA KEUANGAN KOPERASI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) KOTA BATU TAHUN 2007 – 2009. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohzazulia-28819-2-babi.pdf

Download (70kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-mohzazulia-28819-1-pendahul-n.pdf

Download (196kB) | Preview

Abstract

Analisa rasio keuangan adalah alat untuk mengukur prestasi serta derajat keuntungan koperasi dengan menghubungkan antar pos-pos dalam neraca atau laporan rugi laba atau kombinasi keduanya. Koperasi sebagai suatu badan usaha meskipun tidak berorientasi mencari keuntungan semata akan tetapi usaha- usaha yang dikelola harus tetap memperoleh penghasilan yang layak dalam menjaga kelangsungan hidup dan meningkatkan kemampuan usaha. Permasalahan yang muncul dalam penelitian ini adalah bagaimana kinerja Keuangan pada koperasi Unit Simpan Pinjam di Kota Batu berdasarkan analisis ratio likuiditas, rentabilitas, solvabilitas, Return On Asset (ROA), dan Asset Turn Over (ATO)? Populasi dalam penelitian ini adalah 68 KPRI USP/KSP Aktif di Kota Batu. 5 KPRI sebagai sampel penelitian dengan menggunakan purposive sampling.Penilaian dan klasifikasi tingkat kesehatan kinerja keuangan koperasi berdasarkan standar yang telah ditetapkan dari DepKop & UKM 2002.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dengan melakukan perhitungan terhadap data-data kuantitatif. Hasil penelitian Berdasarkan perhitungan rata-rata tahun 2007-2009 current ratio berada dalam kriteria baik atau likuid, acid test ratio likuid, Rentabilitas modal sendiri baik atau profitable, Profit Margin cukup baik, Actual Solvency baik atau solvable, modal sendiri solvable , Return On Asset ( ROA) efisien dan Asset Turn Over (ATO) cukup efisien bila dibandingkan dengan pengukuran dari Depkop & UKM tahun 2002.Berdasarkan standar penilaian klasifikasi koperasi yang telah ditentukan Depkop & UKM Tahun 2002 dengan analisa Rasio Likuiditas, Rentabilitas ,Solvabilitas, Return On Asset (ROA), dan Asset Turn Over (ATO) USP pada KPRI USP/KSP sampel di Kota Batu kurang baik. Dikarenakan dari hasil penilaian klasifikasi koperasi menunjukkan nilai 22,91 sedangkan standar normal penilaian dari Depkop & UKM tahun 2002 dari perbandingan total bobot dengan total skor untuk nilai 75-84 diklasifikasikan Baik, nilai 55-74 cukup baik, nilai <50 kurang baik dan nilai 85-100 diklasifikasikan sangat baik. Hal ini disebabkan karena profit margin dan operating asset turnover kurang efisien. Harapan penulis supaya tingkat kesehatan kinerja keuangan bisa mencapai tingkat optimum maka perlu peningkatan kemampuan karyawan dalam meningkatkan laba, lalu untuk mengatasi turunnya tingkat efisiensi penggunaan modal kerja disarankan agar melakukan penghematan atau efisiensi dalam penggunaan dana untuk membiayai kegiatan operasionalnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 May 2016 08:29
Last Modified: 03 May 2016 08:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29033

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo