UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NILAI TEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOK DIENES DI KELAS I SDN SEDAYU II TUREN KABUPATEN MALANG

WIGUNA, AYU SWASTI (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI NILAI TEMPAT DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA BLOK DIENES DI KELAS I SDN SEDAYU II TUREN KABUPATEN MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--ayuswastiw-28071-1-pendahul-n.pdf

Download (60kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--ayuswastiw-28071-2-babi.pdf

Download (92kB) | Preview

Abstract

Penyelenggaraan pendidikan di sekolah memiliki program-program yang diarahkan dengan tujuan jangka panjang yaitu untuk meningkatkan kemampuan siswa agar ketika mereka sudah meninggalkan bangku sekolah mereka telah mampu mengembangkan diri sendiri dan mampu memecahkan masalah yang muncul. Demikian pula dengan pelaksanaan program pembelajaran matematika di sekolah yang dilakukan dengan tujuan untuk membentuk pola pikir siswa terhadap matematika, diharapkan agar siswa dapat memiliki suatu pola pikir yang logis, rasional, kritis, cermat, jujur, efisien, dan efektif. Karena itu perlu diterapkan suatu strategi pembelajaran. Salah satu strategi pembelajaran yaitu dengan menggunakan media pembelajaran yang dapat digunakan untuk mempermudah proses pembelajaran siswa, dalam penelitian ini adalah penulis menggunakan media “ Blok Dienes" konsep pemahaman suatu materi kepada siswa sehingga siswa lebih aktif dan kreatif. Media blok dienes ini dapat meningkatkan prestasi belajar terhadap matematika itu sendiri yang akhirnya dapat mencapai standar. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada materi nilai tempat dengan menggunakan Media Blok Dienes Bidang Studi matematika kelas I SDN II Sedayu Turen Kabupaten Malang. Subyeknya pada kelas I SDN II Sedayu. Penelitian ini dilakukan pada pada semester ganjil tahun pelajaran 2011/2012. Antara bulan November – Desember 2011. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa peningkatan hasil belajar siswa pada materi nilai tempat dengan menggunakan Media Blok Dienes Bidang Studi matematika kelas I SDN II Sedayu Turen Kabupaten Malang pada siklus I 8 siswa sudah mencapai KKM yang telah ditentukan dan kemampuan mengenal nilai tempat dan menjabarkan nilai tempat sudah meningkat dan Penelitian pada siklus II menunjukkan bahwa hanya terdapat 1 siswa yang mendapatkan nilai di bawah 70 dan 1 orang yang memperoleh nilai tetap yaitu dari siklus I 90 dan 90 di siklus II. Hal ini berarti sebanyak 15 orang siswa sudah mencapai standar ketuntasan minimum yang telah ditentukan yaitu nilai 70.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:24
Last Modified: 03 May 2016 08:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29028

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo