UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE INQUIRY KELAS V SDN PANCOR 1 KECAMATAN GAYAM KABUPATEN SUMENEP

JAMILAH, (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MATERI BANGUN RUANG KUBUS DAN BALOK MELALUI METODE INQUIRY KELAS V SDN PANCOR 1 KECAMATAN GAYAM KABUPATEN SUMENEP. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--jamilah073-28232-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--jamilah073-28232-2-babi.pdf

Download (138kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SDN Pancor 1 Kecamatan Gayam Kabupaten Sumenep. Hal tersebut disebabkan karena hanya 3 siswa atau 10,3% yang mampu mencapai ketuntasan minimal dari 29 siswa dan tidak tuntas sejumlah 26 siswa atau 89,7% dengan ketuntasan minimal 70 serta penyampaian materi yang disampaikan oleh guru hanya metode ceramah. Penggunaan metode Inquiry yang dapat menjadikan siswa untuk membuktikan sesuatu mengenai materi pelajaran yang sudah dipelajari, membuktikan dan melakukan penyelidikan sendiri dilakukan siswa sehingga siswa dapat memahami konsep pembelajaran dalam mempelajari materi Matematika khususnya materi tentang volume kubus dan balok. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa pada materi volume kubus dan balok melalui penggunaan metode Inquiry. Jenis penelitian ini adalah PTK yang dilaksanakan dalam dua siklus. Siklus yang satu ke siklus berikutnya, tahapan setiap siklus dimulai dari observasi awal, perencanaan, tindakan, observasi/pengamatan dan refleksi pada analisis data. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas guru pada siklus I adalah 78% dan meningkat pada siklus II mencapai 92%. Sedangkan Aktivitas siswa pada siklus I mencapai 74% dan aktivitas siswa dan meningkat pada siklus II mencapai 94%. Penelitian ini juga menunjukkan adanya peningkatan pada hasil belajar siswa siklus I adalah 38% dengan persentase ketuntasan secara klasikal dan siklus II mengalami peningkatan sebesar 100%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:22
Last Modified: 03 May 2016 08:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29026

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo