UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR BANGUN RUANG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG

MUBAROK, M. KHUSNI (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN MOTIVASI BELAJAR BANGUN RUANG MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NHT PADA SISWA KELAS V-A SD MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--mkhusnimub-28317-1-pendahul-n.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--mkhusnimub-28317-2-babi.pdf

Download (195kB) | Preview

Abstract

Matematika sangat penting untuk menumbuhkan penataan nalar atau kemampuan berpikir logis serta sikap positif siswa yang berguna dalam mempelajari ilmu pengetahuan maupun dalam penerapan matematika dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil peneliti terdahulu yang diperkuat hasil observasi di SD Muhammadiyah 1 Malang diperoleh bahwa permasalahan pembelajaran matematika adalah kemampuan pemahaman konsep siswa dalam menentukan volume kubus dan balok tergolong rendah, karena motivasi belajar siswa terhadap pelajaran matematika rendah. Sehingga rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan pemahaman konsep bangun ruang pelajaran matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Malang? (2) Bagaimanakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar pada bangun ruang pelajaran matematika siswa kelas V SD Muhammadiyah 1 Malang? Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Sedangkan pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan mulai tanggal 10 Oktober 2011 – 26 Oktober 2011 dengan menggunakan 2 siklus dengan 4 kali pertemuan (2 kali pertemuan dalam setiap siklus). Hasil penelitian menunjukkan, pada siklus I siswa dengan kategori motivasi sangat tinggi yaitu 19 (87,0%) meningkat menjadi 22 (95,7%) pada siklus II. Pada siklus I siswa yang dikatakan tuntas secara individu ada 12 dengan ketuntasan klasikal sebesar 52,2% (belum tuntas). Sedangkan pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran, siswa yang tuntas secara individu mengalami peningkatan menjadi 19 siswa dengan ketuntasan klasikal 82,6% (tuntas). Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan motivasi belajar dan kemampuan pemahaman konsep mata pelajaran Matematika khususnya dalam menentukan volume kubus dan balok.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:19
Last Modified: 03 May 2016 08:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29022

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo