UMM Institutional Repository

PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA "FOTOSINTESIS TUMBUHAN HIJAU" MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SDN LABUHAN IV SRESEH SAMPANG

BIJAKSANA, ANTON (2012) PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA "FOTOSINTESIS TUMBUHAN HIJAU" MELALUI MODEL PROBLEM BASED LEARNING (PBL) KELAS V SDN LABUHAN IV SRESEH SAMPANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-antonbijak-28464-2-babi.pdf

Download (164kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-antonbijak-28464-1-pendahul-n.pdf

Download (252kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil wawancara dengan guru dan siswa kelas V dan observasi, proses pembelajaran IPA kurang berjalan dengan efektif, hal ini dikarenakan terbatasnya media pembelajaran yang digunakan juga metode pembelajaran yang diterapkan masih menggunakan metode pembelajaran konvensional. Siswa terlihat pasif dalam proses pembelajaran, pasifnya siswa dapat diketahui dari kurangnya antusias siswa dalam memperhatikan dan mendengarkan penjelasan dari guru serta minimnya keinginan siswa untuk bertanya. Hasil belajar yang rendah terlihat dari hasil belajar siswa dengan nilai rata-rata ulangan harian yang dicapai siswa sebelum tindakan kelas, yaitu 63,78 dan jumlah siswa yang tuntas sebanyak 26%. Padahal KKM di sekolah adalah 65 dan jumlah ketuntasan belajar siswa itu kurang dari KKM untuk mata pelajaran IPA sebesar >65dan ketuntasan belajar klasikalnya sebesar >80%. Hasil belajar tersebut perlu diperbaiki dengan menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) karena model ini melibatkan siswa secara aktif dalam kegiatan belajarnya di kelas dan hasil belajarnya juga meningkat. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar pada materi fotosintesis tumbuhan hijau melalui model Problem Based Learning (PBL) siswa kelas V SD Negeri Labuhan IV Sreseh Sampang. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan 2 siklus. Subjek penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri Labuhan IV Sreseh Sampang sebanyak 19 siswa. Instrumen pengumpulan data melalui tes tiap akhir siklus. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa setelah menerapkan model pembelaran Problem Based Learning (PBL). Peningkatan hasil belajar siswa sebesar 47% dari jumlah keseluruhan siswa, dengan rata-rata nilai hasil belajar sebesar 67,89. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan: Hasil belajar siswa kelas V SD Negeri Labuhan IV Sreseh Sampang setelah penerapan pembelajaran model Problem Based Learning (PBL) terdapat peningkatan hasil belajar. Berdasarkan hal tersebut, disarankan: Bagi guru mata pelajaran, model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dapat menjadi alternatif dalam mengatasi masalah hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA, terutama pada materi fotosintesis tumbuhan hijau, bagi peneliti selanjutnya dapat melakukan penelitian sejenis dalam rangka memperbaiki kualitas pembelajaran dengan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan pokok bahasan yang berbeda.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Elementary Teacher Education (86206)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 08:15
Last Modified: 14 Mar 2018 02:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29021

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo