UMM Institutional Repository

ANALISIS DAYA SAING DAN DAYA DUKUNG DAERAH KORIDOR PANTAI SELATAN PROPINSI JAWA TIMUR

SUSANTO, DWI (2012) ANALISIS DAYA SAING DAN DAYA DUKUNG DAERAH KORIDOR PANTAI SELATAN PROPINSI JAWA TIMUR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwisusanto-28919-2-babi.pdf

Download (156kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dwisusanto-28919-1-pendahul-n.pdf

Download (253kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian terapan, dengan menggunakan data sekunder dari Badan Pusat Statistik dan dinas-dinas. Dengan mengambil judul “Analisis Daya Saing Dan Daya Dukung Daerah Koridor Pantai Selatan Propinsi Jawa Timur”. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat daya saing daerah dan daya dukung fasilitas fisik tiap-tiap daerah koridor pantai selatan Propinsi Jawa Timur. Dalam penelitian ini penulis menggunakan alat analisa yaitu analisa daya saing dan scalogram. Dari hasil analisa daya saing daerah koridor pantai selatan Propinsi Jawa timur menunjukkan bahwa peringkat daya saing tertinggi yaitu Kabupaten Tulung Agung dan terendah Kabupaten Lumajang. Untuk daerah yang berkategori daya saing tinggi terdapat pada Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Malang. Dimana kedua daerah tersebu memiliki peringkat terbaik, dengan menggunakan indikator perekonomian daerah, sumber daya manusia, keamanan dan iklim investasi, dan yang menduduki kategori Rendah terdapat pada Kabupaten Pacitan, Trenggalek, Lumajang, Jember, dan Banyuwangi. Sedangkan berdasarkan analisis daya dukung daerah di masing-masing kabupaten koridor pantai selatan propinsi Jawa Timur peringkat teratas yaitu Kabupaten Banyuwangi. Pada Kategori daya dukung sangat tinggi yaitu Kabupaten Malang, Banyuwangi, dan Jember yang memiliki fasilitas fisik terlengkap. Kategori rendah ada 5 Kabupaten yang dianggap memiliki fasilitas fisik yang relatif kurang lengkap. Selanjutnya berdasarkan analisis pada kategori daya saing dan daya dukung daerah menunjukan bahwa Kabupaten yang memiliki kategori daya saing tinggi dan kategori daya dukung tinggi hanya terdapat pada Kabupaten Malang yang menunjukan bahwa kabupaten Malang menempati peringkat nilai rata-rata terbaik pada 5 lima indikator daya saing dan 3 (tiga) indikator daya dukung. Untuk Daya saing sedang dan daya dukung rendah hanya pada kabupaten Blitar. Untuk kategori daya saing tinggi dan daya dukung rendah yaitu hanya terdapat pada Kabupaten Tulung Agung, ini menunjukan bahwa manajemen daerah pada kabupaten Tulung Agung sangat baik, dengan fasilitas yang belum lengkap tetap daya saing tinggi. Kondisi ini berbanding terbalik Pada Kabupaten Jember dan Banyuwangi, yang memiliki fasilitas memadai namun berdaya saing rendah, hal ini menunjukan bahwa Kabupaten Jember dan Banyuwangi belum mengoptimalkan fasilitas secara baik dalam mendukung daya saing daerah. Sementara Kategori daya saing rendah dan daya dukung rendah ditempati oleh Kabupaten Pacitan, trenggalek, dan Lumajang. hal Ini menunjukan Kabupaten Pacitan, Trenggalek, dan Lumajang masih sangat tertinggal dari daerah-daerah di wilayah koridor pantai selatan Propinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 May 2016 08:06
Last Modified: 03 May 2016 08:06
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/29014

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo