UMM Institutional Repository

ANALISIS PORTOFOLIO PEMBIAYAAN PT. BANK MUAMALAT INDONESIA

SARI, CITRA DEWI MASSHINTA (2012) ANALISIS PORTOFOLIO PEMBIAYAAN PT. BANK MUAMALAT INDONESIA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citradewim-29747-2-babi.pdf

Download (179kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-citradewim-29747-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian dengan judul “Analisis Portofolio Pembiayaan PT. Bank Muamalat Indonesia” ini merupakan penelitian terhadap 2 jenis skim yang terdapat pada Bank Muamalat dengan periode penelitian dari tahun 2003-2011. Penelitian ini bertujuan yaitu untuk mengetahui penentuan analisis portofolio pembiayaan sebagai alat untuk mengetahui tingkat risiko dan tingkat return yang diharapkan dari masing-masing skim pembiayaan pada Bank Muamalat, dan untuk mengetahui komposisi portofolio dan kombinasi portofolio yang termasuk dalam portofolio optimal sehingga mampu menekan resiko pembiayaan dan memberikan perolehan keuntungan tertinggi pada Bank Muamalat. Penelitian ini juga bertujuan untuk mengetahui kontribusi masing-masing skim pembiayaan pada Bank Muamalat Indonesia. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Model Markowitz. Dalam menentukan portofolio optimalnya yaitu dengan cara terlebih dahulu menentukan komposisi portofolio terbanyak 20 kombinasi, kemudian membandingkan nilai ekspetasi return portofolio yang diharapkan (E(RP)) dengan nilai resiko atau standar deviasi portofolio ( σP). Sehingga dapat disusun kurva efisensi dimana akan dapat diketahui kombinasi portofolio yang layak masuk dalam portofolio optimal dan yang tidak layak. Alat analisis kedua yang digunakan adalah regresi linier berganda untuk mengetahui kontribusi masing-masing skim pembiayaan tersebut. Dari kombinasi 20 portofolio yang terbentuk, maka terdapat 13 kombinasi portofolio untuk masing-masing skim pembiayaan yang dapat membentuk portfolio optimal.Sedangkan yang tidak layak masuk dalam portofolio optimal adalah sebanyak 7 kombinasi. Kemudian yang memberikan kontribusi terbesar adalah skim pembiayaan mudharabah yaitu sebesar 0,094. Sedangkan kontribusi skim pembiayaan murabahah yaitu sebesar 0,028. Dari hasil analisis yang dilakukan, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa dengan melakukan pembentukan portofolio (optimal), maka risiko akan dapat ditekan serendah mungkin, sehingga bank akan dapat memperoleh keuntungan yang tinggi dengan resiko tertentu atau memperoleh keuntungan tertentu dengan resiko yang terendah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 May 2016 07:44
Last Modified: 03 May 2016 07:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28996

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo