UMM Institutional Repository

PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA MALANG

JAYA, HERWAN (2013) PEMBELAJARAN ACTIVE LEARNING BERBASIS PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-herwanjaya-30650-1-pendahul-n.pdf

Download (488kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-herwanjaya-30650-2-babi.pdf

Download (144kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan observasi awal dan wawancara dengan guru dan siswa di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang dapat diidentifikasi masalah yaitu pembelajaran Biologi di SMP Muhammadiyah 6 kota malang tersebut cenderung didominasi oleh guru, sehingga proses pembelajaran hanya berjalan satu arah saja. Hal seperti itu, menyebabkan siswa tidak termotivasi untuk belajar Biologi, banyak siswa yang ramai pada saat proses pembelajaran berlangsung sehingga konsentrasi siswa tidak fokus, tingkat keaktifan siswa dalam pembelajaran rendah, siswa jarang mengajukan pertanyaan, sehingga siswa sulit memahami materi yang mereka pelajari. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini bertujuan untuk : a) Mengetahui peningkatan aktivitas belajar biologi siswa selama proses pembelajaran menggunakan active learning dengan penerapan berbasis problem solving berlangsung? b) Mengetahui peningkatan hasil belajar biologi siswa setelah menggunakan active learning dengan penerapan berbasis problem solving?. Hasil penelitian menunjukkan a) Pembelajaran Active Learning Berbasis Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas belajar biologi siswa kelas VII SMP Muhammadyah 6 Kota malang, Rata-rata persentase aktivitas belajar siswa mencapai taraf keberhasilan yang baik atau taraf keberhasilan tindakan meningkat dari 57,91% pada siklus I menjadi 75,42% pada siklus II dengan selisih 17,50%. b) Pembelajaran Active Learning Berbasis Problem Solving dapat meningkatkan hasil belajar biologi siswa kelas VII SMP Muhammadyah 6 Kota Malang, Rata-rata persentase total skor hasil belajar siswa kelas VII pada Siklus I persentase hasil belajar siswa yang tuntas yaitu 55,5% mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 100%, Dari hasil ini telah menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM). Kriteria ketuntasan minimum (KKM) yang telah ditetapkan oleh sekolah di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang. KKM yang digunakan adalah 68.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 07:44
Last Modified: 03 May 2016 07:44
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28995

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo