UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL IPA MATERI HAMA DAN PENYAKIT PADA ORGAN TUMBUHAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 MALANG

HAKAM, ABD. (2013) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MODUL IPA MATERI HAMA DAN PENYAKIT PADA ORGAN TUMBUHAN KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdhakam07-30653-1-pendahul-n.pdf

Download (334kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdhakam07-30653-2-babi.pdf

Download (158kB) | Preview

Abstract

Proses belajar mengajar pada hakikatnya adalah proses komunikasi, yaitu proses penyampaian pesan dari saluran / sumber pesan melalui media tertentu kepada penerima pesan. Proses belajar mengajar merupakan tahap terpenting dalam kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Kegiatan pembelajaran harus dirancang sedemikian rupa sehingga proses belajar dapat berjalan optimal. Pengadaan media pembelajaran dapat dilakukan dengan berbagai cara salah satunya menggunakan media modul. Modul merupakan salah satu media pembelajaran yang disusun secara sistematis, operasional, dan terarah sebagai sarana belajar siswa untuk mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditentukan. Modul dibuat sesuai dengan kebutuhan siswa sehingga dapat meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir siswa. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Malang menunjukkan bahwa kegiatan belajar mengajar mengacu pada buku teks, sebagian besar siswa hanya memiliki LKS tanpa buku acuan lain. Sebagian besar kegiatan pembelajaran menggunakan metode ceramah, antusias siswa dalam proses belajar mengajar masih rendah, dan belum ada media lain yang digunakan sebagai alat bantu dalam pembelajaran. LKS yang dimiliki siswa tidak tersedia materi hama dan penyakit pada tumbuhan, sehingga dari sini pengembang mencoba melakukan penelitian pengembangan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran modul IPA Materi Hama dan Penyakit pada Tumbuhan Kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 Malang. Penelitian ini tergolong penelitian pengembangan yang dikembangkan dengan model prosedural yang didasarkan pada tahapan pengembangan media pembelajaran oleh Sadiman (2008) dengan langkah-langkah 1) analisis kebutuhan media, 2) analisis karakteristik siswa, 3) perumusan indikator pembelajaran, 4) perumusan materi pembelajaran, 5) penyusunan alat evaluasi, 6) produksi media, 7) tes dan revisi media. Hasil pengembangan media pembelajaran modul ini secara keseluruhan memenuhi kriteria valid dengan persentase penilaian validator ahli media 91,66 %, validator ahli materi 91,35%, dan hasil uji coba produk 85,38 %. Dari data tersebut dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran modul ini telah valid, layak, dan efektif untuk digunakan danlam kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 07:42
Last Modified: 03 May 2016 07:42
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28993

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo