UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DENGAN MEDIA GAMBAR UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA MALANG

Rofita, Amaliah (2013) PENERAPAN METODE TGT (TEAMS GAME TOURNAMENT) DENGAN MEDIA GAMBAR UPAYA MENINGKATKAN HASIL DAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amaliahrof-31028-1-pendahul-n.pdf

Download (429kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amaliahrof-31028-2-babi.pdf

Download (23kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif akan didapatkan proses kebersamaan dalam pembelajaran, membantu meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang dikarenakan adanya interaksi siswa didalam kelompok dan juga adanya interaksi dengan guru sebagai pengajar. Hasil belajar merupakan hasil yang dicapai oleh seorang siswa setelah ia melakukan kegiatan belajar mengajar tertentu. Berdasarkan hasil pengamatan pada kelas VIII dan dari wawancara dengan guru biologi didapatkan berbagai permasalahan dalam pembelajaran biologi yang meliputi: 1) siswa kurang aktif dalam proses belajar mengajar;2) motivasi belajar siswa yang kurang,; 3) program tuntas yang diharapkan oleh guru masih belum tercapai,; 4) minat baca siswa yang tergolong rendah; 5) banyak siswa yang kurang bisa mengikuti pembelajaran Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Untuk mengetahui cara penerapan metode TGT (Team Game Tournament) dengan media gambar. 2) Untuk mengetahui upaya peningkatan hasil dan aktivitas belajar pada siswa kelas VIII SMP Muhammadiyah 6 kota malang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode TGT (Teams Game Tournament) dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar yang diukur dari persentase ketuntasan belajar minimal secara klasikal dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I secara klasikal ketuntasan belajar 72,5% dikatakan tuntas karena melebihi nilai ketuntasan minimal yaitu 70% akan tetapi belum mencapai tuntas 100%.Pada siklus II mengalami peningkatan 2,6% yaitu 75,5% dikatakan tuntas karena sudah 90% siswa yang mencapai nilai diatas ketuntasan minimal.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 07:36
Last Modified: 03 May 2016 07:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28987

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo