UMM Institutional Repository

ANALISIS POTENSI EKONOMI SEKTORAL PADA EMPAT KABUPATEN DI PULAU MADURA

NUR, AZMI FAIZ (2012) ANALISIS POTENSI EKONOMI SEKTORAL PADA EMPAT KABUPATEN DI PULAU MADURA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--azmifaiznu-27982-2-babi.pdf

Download (29kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummb--azmifaiznu-27982-1-pendahul-n.pdf

Download (314kB) | Preview

Abstract

Penelitian mengambil judul “Analisis Potensi Ekonomi Sektoral Pada Empat Kabupaten Di Pulau Madura”. Studi ini dilatar belakangi oleh adanya fenomena potensi ekonomi unggulan belum teridentifikasi dan dimanfaatkan secara optimal untuk pengembangan pembangunan di Pulau Madura. Empat kabupaten tersebut adalah Kabupaten Sumenep Pamekasan Sampang, dan Bangkalan,. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pola perekonomian, sektor/subsektor unggulan dan bukan unggulan pada masing-masing kabupaten, dan menentukan pusat pertumbuhan di Pulau Madura.Alat analsis yang digunakan dalam penelitian ini adalah Tipologi Klassen Location Quotient (LQ), dan analisis Gravitasi. Hasil penelitian menyimpulkan berdasarkan Tipologi Klassen di ketahui ada empat (4) pola pertumbuhan ekonomi pada masing-masing kabupaten di pulau Madura. Daerah yang “cepat maju dan tumbuh” adalah Kabupaten Bangkalan, daerah “maju tapi tertekan” adalah Kabupaten Sumenep, daerah ”berkembang cepat” adalah Kabupaten Pamekasan, dan daerah “relatif tertinggal “ adalah kabupaten Sampang. Analisis Location Quotient (LQ) menunjukkan bahwa sektor unggulan di Kabupaten Bangkalan yaitu Industri Pengolahan, Listrik, Gas & Air, Bangunanan, Perdagangan, Pengangkutan, Keuanganan dan Jasa-jasa. Kabupaten Sampang yaitu pertambangan, listrik, Gas & Air dan Perdagangan. Kabupaten Pamekasan yaitu Pertanian, Listrik, Gas & Air, Bangunanan, Keuanganan dan Jasa-Jasa, dan Kabupaten Sumenep adalah Pertanian, Pertambangan Penggalian, dan Industri Pengolahan. Sedangkan Kabupaten Bangkalan memiliki subsektor unggulan terbanyak dengan 18 subsektor, kemudian Kabupaten Pamekasan dengan 13, kabupaten Sampang 12 dan Kabupaten Sumenep 11 subsektor. Hasil analisis Gravitasi menunjukkan bahwa ada dua daerah dengan nilai Gravitasi tertinggi, yaitu Sampang - Pamekasan, dan Sumenep - Pamekasan. Kabupaten pamekasan dapat dijadikan sebagai pusat pertumbuhan di Pulau Madura karena adanya keterkaitan yang erat antar masing - masing daerah, dan hasil Location Quotient (LQ)juga menunjukkan bahwa Kabupaten Pamekasan juga memiliki lima sektor unggulan terbanyak ke dua di Pulau Madura.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 May 2016 07:30
Last Modified: 03 May 2016 07:30
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28984

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo