UMM Institutional Repository

ANALISIS POTENSI EKONOMI SEKTORAL KORIDOR UTARA SELATAN PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2005 – 2009

ANDIATMA, M. SOFYAN (2012) ANALISIS POTENSI EKONOMI SEKTORAL KORIDOR UTARA SELATAN PROPINSI JAWA TIMUR TAHUN 2005 – 2009. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummb--msofyanand-27983-2-babi.pdf

Download (132kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini menganalisa sektor unggulan, kontribusi masing-masing sektor, dan pola pertumbuhan ekonomi yang ada di Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan Propinsi Jawa Timur Tahun 2005-2009. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui sektor unggulan di Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan Propinsi Jawa Timur, untuk mengetahui berapa besar kontribusi tiap sektor ekonomi terhadap perekonomian di Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan Propinsi Jawa Timur, untuk mengetahui pola pertumbuhan ekonomi Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan Propinsi Jawa Timur. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis Location Quentiont (LQ), analisis kontribusi, dan analisis tipologi klassen. Hasil penelitian menggunakan alat analisis Location Quentiont (LQ) adalah sektor yang mempunyai tingkat keunggulan terbesar yaitu sektor listrik, gas dan air bersih di Kabupaten Gresik dan sektor yang mempunyai tingkat keunggulan terkecil yaitu sektor pertanian, pertambangan dan penggalian di Kota Surabaya, dan sektor yang tidak mempunyai keunggulan adalah sektor pertambangan dan penggalian di Kota Mojokerto, berdasarkan analisis kontribusi sektor perdagangan, hotel, dan restoran di Kota Batu memberikan kontribusi terbesar yaitu 51.72%, berdasarkan analisis tipologi klassen Kabupaten/Kota yang mempunyai pola pertumbuhan ekonomi cepat maju dan tumbuh adalah Kota Surabaya dan Kota Mojokerto. Berkembang cepat adalah Kabupaten Pasuruan, Blitar, Kota batu, Pasuruan, Blitar. Maju tertekan adalah Kabupaten Gresik, Sidoarjo, dan Kota Malang. yang mempunyai pola pertumbuhan ekonomi relatife tertinggal adalah Kabupaten Mojokerto dan Kabupaten Malang. Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan, maka perlu adanya peran dari setiap lapisan masyarakat khususnya pemerintah untuk memperhatikan, mengawasi dan mengembangkan setiap potensi unggulan yang ada di Kabupaten/Kota Koridor Utara Selatan Propinsi Jawa Timur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Divisions: Faculty of Economics > Department of Development Economics (60201)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 03 May 2016 07:27
Last Modified: 03 May 2016 07:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28982

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo