UMM Institutional Repository

PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANALISIS ARTIKEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA MALANG

SYIFA, ABDULLAH (2013) PENERAPAN PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DENGAN ANALISIS ARTIKEL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI PADA SISWA KELAS VIII SMP MUHAMMADIYAH 6 KOTA MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdullahsy-31464-1-pendahul-n.pdf

Download (492kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-abdullahsy-31464-2-babi.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Berdasarkan pengalaman mengajar Biologi di SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang dalam Program Praktik Pengalaman Lapang (PPL) selama 2 bulan pada mata pelajaran ilmu pengetahuan alam kelas VIII menunjukkan bahwa siswa sangat lemah dalam keterampilan berpikir kritis dan hasil belajar dengan standar ketuntasan belajar minimal SKBM ≥ 68. Tujuan penelitian masalah bagaimana penerapan analisis artikel dalam pembelajaran kooperatif tipe PBL untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar siswa terhadap mata pelajaran biologi di SMP Muhammadyah 6 Kota Malang. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif sedangkan pendekatan yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari 2 siklus, tiap siklus terdiri atas tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, adanya peningkatan kemampuan berpikir kritis siswa dari siklus I sebesar 44,44 % menjadi 68,67% pada siklus II dengan selisih 24,65%. Rata-rata persentase hasil belajar siswa mencapai taraf keberhasilan yang baik atau taraf keberhasilan tindakan meningkat dari 16,6% pada siklus I menjadi 75% pada siklus II dengan selisih 58,4%. Hasil ini telah menunjukkan bahwa hasil belajar siswa telah memenuhi kriteria ketuntasan minimal (KKM) yang ditentukan oleh sekolah SMP Muhammadiyah 6 Kota Malang yaitu 68. Sehingga bisa disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran PBL dengan Analsis Artikel dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII SMP Muhammadyah 6 Kota Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 03 May 2016 07:25
Last Modified: 03 May 2016 07:25
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28981

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo