UMM Institutional Repository

PENGARUH TERPAAN IKLAN REGULATOR QUANTUM TERHADAP TINGKAT KEWASPADAAN MENGGUNAKAN REGULATOR (Studi pada Ibu-ibu Rumah Tangga RT.02/ RW.04 Desa Pulopancikan, Kota Gresik)

Dewangga, Nada Aulia (2012) PENGARUH TERPAAN IKLAN REGULATOR QUANTUM TERHADAP TINGKAT KEWASPADAAN MENGGUNAKAN REGULATOR (Studi pada Ibu-ibu Rumah Tangga RT.02/ RW.04 Desa Pulopancikan, Kota Gresik). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadaauliad-29421-1-pendahul-n.pdf

Download (686kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-nadaauliad-29421-2-babi.pdf

Download (366kB) | Preview

Abstract

Setelah adanya konversi dari minyak ke gas banyak terjadi ledakan tabung gas elpiji yang dapat mengakibatkan banyak korban berjatuhan. Ledakan tabung gas elipiji sebenarnya bukan disebabkan tabungnya melainkan karena aksesoris yang digunakan untuk melengkapi tabung gas tersebut, seperti halnya regulator elpiji. Hal ini menarik perhatian salah satu produsen regulator (merk Quantum) untuk membuat produk regulator yang aman digunakan masyarakat. Sehingga produsen regulator Quantum membuat iklan yang menjelaskan ledakan tabung gas bukan karena tabungnya melainkan karena kebocoran gas yang disebabkan oleh aksesorisnya dan menjelaskan bagaimana cara memasang regulator dengan benar sehingga diharapkan dapat menimbulkan sikap waspada masyarakat dalam menggunakan regulator. Rumusan masalah yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah: Adakah pengaruh terpaan iklan regulator Quantum terhadap tingkat kewaspadaan menggunakan regulator dan jika ada seberapa besar pengaruh terpaan iklan regulator Quantum terhadap tingkat kewaspadaan menggunakan regulator. Penelitian ini menggunakan teori teori AIDCA. Teori ini relevan digunakan karena variabel X (terpaan iklan regulator Quantum) dapat mempengaruhi variabel Y (tingkat kewaspadaan menggunakan regulator). Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dan melakasanakannya dengan menyebarkan kuisioner. Populasinya adalah ibu-ibu rumah tangga di desa Pulopancikan kota Gresik, RW.04 RT.02 yang mempunyai 76 ibu rumah tangga. Dari 76 ibu rumah tangga tersebut didapat sampel sebanyak 43 ibu rumah tangga yang memenuhi kriteria penelitian ini sebanyak 43 orang, teknik pengambilan sampel dengan purposif sampling. Teknik pengumpulan datanya menggunakan kuesioner dengan uji validitasnya menggunakan korelasi produk moment dan untuk uji realibilitasnya menggunakan rumus croncbach alpha. Penelitian ini menggunakan skala likert sehingga untuk mengetahui ada tidaknya korelasi antara terpaan iklan regulator Quantum terhadap tingkat kewaspadaan menggunakan regulator menggunakan teknik korelasi produk moment. Penelitian ini ingin mengetahui bagaimana variabel dependen dapat diprediksi melalui variabel independen (prediktor), secara individual dengan menggunakan regresi linier. Hasil penelitian ini mengetahui bahwa adanya pengaruh positif antara variabel bebas (X) yaitu iklan regulator quantum terhadap variabel terikat (Y) yaitu tingkat kewaspadaan masyarakat menggunakan regulator. Kesimpulan ini didasarkan pada hasil uji korelasi (r) sebesar 0.430 sedangkan r tabel 0.301 nilai korelasi ini menunjukan bahwa pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y termasuk katagori sedang. Sedangkan dari persamaan regresi dapat diintrepretasikan bahwa Y (tingkat kewaspadaan menggunakan regulator) akan menguat sebesar 0,472 satuan untuk setiap tambahan satuan X (terpaan iklan regulator Quantum). Hasil penelitian ini mengetahui bahwa adanya perubahan tingkat kewaspadaan menggunakan regulator. Dimana iklan regulator Quantum dapat mempengaruhi tingkat kewaspadaan menggunakan regulator sebesar 18,5%, sedangkan sisanya 81,5% bisa dikarenakan atas dasar factor-faktor lain misalnya karena media atau informasi yang jauh lebih efektif seperti penyuluhan dari pemerintah langsung ditengah-tengah penduduk. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa dalam penelitian ini besarnya pengaruh terpaan iklan regulator Quantum terhadap tingkat kewaspadaan menggunakan regulator dapat diketahui melalui hasil nilai korelasi yang didapat oleh penelitian ini sebesar 0.430 sedangkan r tabel 0.301 nilai korelasi ini menunjukan bahwa pengaruh antara variabel X terhadap variabel Y termasuk katagori sedang. Dan saran dari hasil penelitian ini diharapkan pada penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian yang lebih mendalam untuk mendapatkan hasil yang komprehensif.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 May 2016 06:19
Last Modified: 03 May 2016 06:19
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28975

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo