UMM Institutional Repository

KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI SYAIR LAGU (Analisis Hermeneutika pada Lagu Syi’ir Tanpo Wathon Karangan Muhammad Nizam As Shofa)

Azzahroh, Chiwa Chayyuwa (2012) KOMUNIKASI DAKWAH MELALUI SYAIR LAGU (Analisis Hermeneutika pada Lagu Syi’ir Tanpo Wathon Karangan Muhammad Nizam As Shofa). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-chiwachayy-29461-1-pendahul-n.pdf

Download (416kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-chiwachayy-29461-2-babi.pdf

Download (176kB) | Preview

Abstract

Rod Steward mengatakan bahwa musik adalah sahabat setan, sedangkan bagi H. Rhoma Irama musik adalah sahabat agama. Karena musik bukan sekedar sarana hura-hura, musik bisa dijadikan sebagai uslub (media) dakwah yang efektif oleh para daÂ’i dalam menyebarkan ajaran-ajaran Islam. SyiÂ’ir Tanpo Wathon salah satunya. Lagu karangan daÂ’i muda, Muhammad Nizam As Shofa ini telah beredar luas di kalangan masyarakat. Pesan yang disampaikan melalui untaian SyiÂ’ir Tanpo Wathon telah menggugah hati banyak orang dari berbagai lapisan masyarakat. Untuk itulah peneliti kemudian ingin mengetahui lebih dalam makna yang ada dalam lagu tersebut. Berdasarkan pendekatan analisis yang dipilih oleh peneliti, maka metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif-interpretatif. Peneliti menjadi instrumen kunci, namun berdasarkan pendekatan analisis yang dipilih, pengarang lagu, yakni Muhammad Nizam As Shofa juga turut serta menjadi instrumen yang mendukung penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan analisis hermeneutika romantis dari Friedrich Ernst Daniel Schleiermacher. Schleiermacher menginterpretasi sebuah teks tidak hanya aspek kebahasaan dari sudut pandang interpreter semata, melainkan dari konteks historis dan konteks kultural saat teks tersebut dibuat. Tujuan dari analisis ini ialah merekonstruksi makna teks seperti yang dimaksud oleh pengarangnya. Bahkan secara lebih mendalam, teori ini menuntut interpreter untuk mengetahui teks lebih baik dari pengarangnya dan memahami pengarang lebih baik dari pengarang itu sendiri. Lagu SyiÂ’ir Tanpo Wathon yang keseluruhannya berjumlah 13 bait ini akan dikupas dengan menggunakan pendekatan hermeneutika romantis tersebut. Berdasarkan analisis yang dilakukan pada lagu SyiÂ’ir Tanpo Wathon karangan Muhammad Nizam As Shofa, menunjukkan bahwa dalam lirik lagu tersebut mengajak manusia untuk beriman kepada Allah, mengikuti sunnah-sunnah Rasulullah seperti senantiasa berbuat baik dengan sesama, dan juga menjadikan Islam sebagai landasan kehidupan, karena agama Islam membawa misi rahmatalillÂ’alamin (rahmat bagi seluruh alam) yang keberadaannya dapat menyelamatkan manusia baik di dunia dan di akhirat. Selain itu, Al-QurÂ’anul Karim sebagai mukjizat yang dibawa oleh Rasulullah SAW, patut untuk dijadikan pedoman kehidupan dikarenakan isinya yang begitu kompleks dan dapat menuntun manusia ke jalan yang benar, yakni iman Islam. Peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa makna yang terkandung dalam lagu SyiÂ’ir Tanpo Wathon sarat dengan kandungan dakwah. Namun, karena lagu ini menggunakan bahasa Jawa, tidak seluruh kalangan masyarakat dapat memahami isi dari lagu SyiÂ’ir Tanpo Wathon tersebut. Oleh karena itu, pengarang diharapkan dapat menerjemahkannya ke dalam bahasa Indonesia, bahasa yang lebih universal. Sehingga maknanya bisa juga dipahami oleh seluruh masyarakat Indonesia yang merindukan ukhuwah islamiyah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 May 2016 04:39
Last Modified: 03 May 2016 04:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28969

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo