UMM Institutional Repository

PENGARUH PAMERAN TERHADAP PERUBAHAN IMAGE PLAZA DIENG SEBAGAI MALL TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Pada Masyarakat Pengunjung Pameran Dieng Computer Square di Kota Malang)

SUHARDIANTO, ARIE (2011) PENGARUH PAMERAN TERHADAP PERUBAHAN IMAGE PLAZA DIENG SEBAGAI MALL TEKNOLOGI INFORMASI (Studi Pada Masyarakat Pengunjung Pameran Dieng Computer Square di Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ariesuhard-21358-PENDAHUL-N.pdf

Download (194kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-ariesuhard-21358-BAB+I.pdf

Download (299kB) | Preview

Abstract

Kebutuhan manusia terhadap informasi dan teknologi menjadikan perkembangan teknologi informasi (TI) berjalan dengan sangat cepat di seluruh dunia. Saat ini berbagai sektor kehidupan sudah tidak bisa lagi lepas dari teknologi dan informasi. Kota Malang merupakan salah satu kota pendidikan dengan penduduk heterogen yang menyerap cukup banyak kebutuhan dan konsumsi teknologi dan informasi. Hal tersebut ditunjukkan dengan makin menjamurnya toko-toko komputer di kota ini. Melihat fakta di atas, Dieng Computer Square yang merupakan sebuah PT di bidang teknologi dan informasi, berinisiatif untuk membangun sebuah pusat perbelanjaan (mall) teknologi informasi di kota Malang, untuk memudahkan kegiatan jual beli produk-produk teknologi informasi. Tempat yang dipilih adalah Plaza Dieng, yang akan dirubah konsepnya menjadi mall teknologi informasi. Untuk menciptakan image pada Plaza Dieng sebagai mall teknologi informasi, pada setiap bulan dilaksanakan pameran komputer dan produk-produk TI di Plaza Dieng. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah adakah pengaruh yang signifikan antara pameran terhadap perubahan image Plaza Dieng sebagai mall teknologi informasi, dan seberapa besar pengaruhnya. Dengan tujuan penelitian untuk mengetahui adakah pengaruh yang signifikan antara pameran terhadap perubahan image suatu perusahaan (Plaza Dieng menjadi mall teknologi informasi), dan seberapa besar pengaruhnya. Dalam penelitian ini digunakan teori S-O-R (stimulus-organism-respon) sebagai acuan untuk mendiskripsikan dan mengamati pengaruh pameran terhadap perubahan image Plaza Dieng sebagai mall teknologi informasi. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif eksplanatif. Tujuan peneliti adalah ingin mengetahui situasi dan kondisi tertentu terjadi atau apa yang mempengaruhi terjadinya sesuatu. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai Fhitung sebesar 142,553 sehinggga secara simultan pameran berpengaruh signifikan terhadap perubahan image. Secara parsial pameran memiliki nilai thitung sebesar 11,940 yang menunjukkan bahwa pameran berpengaruh positif terhadap perubahan image. Sedangkan hasil perhitungan pada r² diperoleh hasil sebesar 0,711 atau 71,1% yang menunjukkan besarnya pengaruh dari variabel pameran. Kemudian sisanya adalah sebesar 28.9% disebabkan oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Dari penelitian ini diperoleh kesimpulan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pameran terhadap perubahan image Plaza Dieng sebagai mall teknologi informasi (TI) di kota Malang. Hal tersebut tergambar dari respon masyarakat terhadap perubahan image yang dilakukan pada Plaza Dieng yang ditunjukkan dengan frekuensi kunjungan masyarakat, pengetahuan masyarakat terhadap pameran, dan intensitas masyarakat dalam mengikuti perkembangan pameran yang tinggi, sehingga apabila pelaksanaan pameran terus ditingkatkan, maka perubahan image Plaza Dieng sebagai mall teknologi informasi akan lebih cepat terbentuk di benak masyarakat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 03 May 2016 04:35
Last Modified: 03 May 2016 04:35
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28966

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo