UMM Institutional Repository

PROFIL PRAKTEK SWAMEDIKASI PADA GEJALA DIARE OLEH KONSUMEN DI APOTEK (Studi di Apotek Kecamatan Lowokwaru Kota Malang)

MUNTIFA, EVRI DHATUM (2013) PROFIL PRAKTEK SWAMEDIKASI PADA GEJALA DIARE OLEH KONSUMEN DI APOTEK (Studi di Apotek Kecamatan Lowokwaru Kota Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evridhatum-31226-1-pendahul-n.pdf

Download (446kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-evridhatum-31226-2-babi.pdf

Download (96kB) | Preview

Abstract

Swamedikasi adalah kemampuan masyarakat dalam menolong dirinya sendiri guna mengatasi masalah kesehatan dan perlu ditunjang dengan sarana yang dapat meningkatkan pengobatan sendiri secara tepat, aman dan rasional. Swamedikasi dilakukan untuk mengatasi masalah kesehatan yang ringan, salah satunya adalah diare. Perubahan perilaku yang mendasari pada praktek swamedikasi diantaranya Predisposing factor, Enabling factor, dan Reinforcing factor. Maka dilakukan penelitian tentang Profil Praktek Swamedikasi Pada Gejala Diare di Apotek Kecamatan Lowokwaru Kota Malang. Penelitian ini merupakan penelitian observasional menggunakan metode survei dengan menyebarkan kuesioner. Penetapan jumlah apotek dengan metode Purposive sampling dan diperoleh sampel penelitian sebanyak 100 responden dan teknik pengambilan sampelnya dengan cara Incidental sampling. Distribusi frekuensi terbesar usia 21-25 tahun (45%), pendidikan terakhir SMA ( 45%), dan pekerjaan sebagai mahasiswa (39%). Hasil penelitian ini dibagi 3 faktor, yaitu faktor predisposisi, faktor pendukung dan pendorong. Faktor predisposisi: ditunjukkan (89%) responden mempunyai pengetahuan dalam kategori baik dan (11%) mempunyai pengetahuan dalam kategori sedang terhadap swamedikasi diare. Faktor pendukung: tempat untuk memperoleh obat diare responden memilih di apotek sebanyak (94%), (97%) menyatakan obat yang dibeli lengkap, (95%) mendapatkan informasi yang jelas, (96%) menganggap kualitas obat diare terjamin keasliannya, dan (56%) menyatakan dekat dengan rumah atau lokasi terjangkau. Faktor pendorong: sebanyak (51%) sikap dan perilaku petugas apotek (apoteker) negatif dan (49%) positif terhadap swamedikasi diare. Secara keseluruhan perilaku responden dalam melakukan swamedikasi diare dipengaruhi oleh adanya faktor predisposisi, pendukung dan pendorong.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 03 May 2016 04:28
Last Modified: 03 May 2016 04:28
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28962

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo