UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN HANDPHONE QWERTY DI KALANGAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2008 Pengguna Handphone Qwerty)

Budiarti, Desy Rani (2011) PENGGUNAAN HANDPHONE QWERTY DI KALANGAN MAHASISWA (Studi pada Mahasiswa Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Muhammadiyah Malang Angkatan 2008 Pengguna Handphone Qwerty). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-desyranibu-21364-PENDAHUL-N.pdf

Download (79kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-desyranibu-21364-BAB+I.pdf

Download (151kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini didasari atas fenomena beragamnya jenis handphone yang saat ini hadir di tengah-tengah masyarakat. Handphone yang awal kemunculannya merupakan barang mewah menjadi barang yang sangat dicari dan dibutuhkan semua kalangan dalam kehidupan sehari-hari. Sekarang ini handphone sudah menjadi sebuah gaya hidup (life style) bagi hampir sebagian besar masyarakat. Hal tersebut tidak terlepas dari perkembangan teknologi komunikasi yang kian hari makin canggih dan mempermudah manusia. Meningkatnya aktivitas manusia serta terkendala dengan terbatasnya jarak dan waktu melahirkan teknologi alat komunikasi handphone. Handphone inilah yang membuat kendala jarak dan waktu untuk berkomunikasi secara langsung menjadi efisien dan efektif. Oleh karena handphone mempunyai banyak jenis dengan fasilitas yang berbeda-beda, maka penting sekali mengetahui perilaku komunikasi masyarakat dengan kehadiran alat komunikasi handphone. Maka penelitian ini tertarik untuk mengkaji bagaimana perilaku komunikasi masyarakat dalam menggunakan handphone qwerty. Untuk mendapatkan hasil penelitian yang diinginkan maka studi ini mengambil mahasiswa ilmu komunikasi sebagai objek penelitian. Handphone qwerty merupakan salah satu jenis handphone yang sedang booming di masyarakat sekarang ini. Jenis handphone dengan keypad lebih lebar menyerupai keypad komputer berbeda dari handphone yang telah dikenal sebelumnya yaitu keypad numerik. Sebagai alat komunikasi sangat penting di desain dengan melihat perkembangan teknologi komunikasi dan informasi untuk menarik dan membentuk perilaku komunikasi masyarakat. Teknologi komunikasi mempunyai pengaruh kuat terhadap perilaku masyarakat khususnya bagi mereka yang mempunyai gaya hidup modern dan padat akan aktivitas. Penerimaan masyarakat terhadap teknologi berbeda-beda, ada yang mengadopsinya tanpa memperhatikan kebutuhan atau hanya sekedar ajang pamer. Hal ini tergantung masing-masing pribadi dalam memahami dan kesadaran akan kebutuhan kehadiran sebuah handphone. Penelitian ini menggunakan tipe deskriptif dengan 65 orang sebagai jumlah populasi sekaligus sampel karena menggunakan total sampling yang diperoleh dari hasil pra-survei. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan koesioner, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian pada mahasiswa jurusan ilmu komunikasi adalah penggunaan handphone qwerty yang dibagi dalam tiga hal yaitu perilaku dalam menggunakan media, perilaku dalam menggunakan pesan, dan perilaku dalam menggunakan teknologi. Dari ketiga hal tersebut, penggunaannya mempengaruhi perilaku mahasiswa dalam berkomunikasi melalui media handphone. Penggunaan medianya sendiri mampu mengkomunikasikan pribadi terhadap orang lain, pesannya mampu memperlihatkan eksistensi diri dan teknologi membuat segalanya mudah hanya dalam genggaman tangan.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 03 May 2016 04:27
Last Modified: 03 May 2016 04:27
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28960

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo