UMM Institutional Repository

HEDONISME DALAM VIDEO KLIP (Analisi Isi Pada Video Klip Black Eyed Peas “i gotta feeling”)

Putri, Amaliah Jaya (2012) HEDONISME DALAM VIDEO KLIP (Analisi Isi Pada Video Klip Black Eyed Peas “i gotta feeling”). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amaliahjay-28767-1-pendahul-n.pdf

Download (400kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-amaliahjay-28767-2-bab1.pdf

Download (183kB) | Preview

Abstract

Hedonisme merupakan suatu pandangan hidup yang mengedepankan kesenangan dan kenikmatan semata dalam menjalani hidupnya. Seseorang yang menjadikan hedonisme sebagai tujuan hidup akan cenderung menghindari perasaan yang menyakitkan. Dalam video klip Black Eyed Peas ini banyak menyajikan adegan-adegan yang dominan nilai hedonisme nya, mulai dari gaya hidup sekelompok remaja yang suka berpesta, minum-minuman beralkohol, hingga melakukan seks bebas diluar ikatan pernikahan yang sah. Hal-hal yang tergambar dalam video klip memang wajar untuk budaya di Barat sana, namun apabila visualisasi dalam video ini ditiru oleh orang Timur, itu akan berakibat pergesran budaya Timur dan mengakibatkan westernisasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah berapa banyak pesan hedonisme yang muncul dalam video klip Black Eyed Peas “i gotta feeling”. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui jumlah pesan hedonismeyang muncul dalam video klip Black Eyed Peas “i gotta feeling”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Cultural Norms Theory (Teori Norma Budaya). Teori ini mengasumsikan bahwa media massa melalui penyajiannya yang selektif dan penekanannya pada tema-tema tertentu, menciptakan kesan-kesan pada khalayak dimana norma-norma budaya umum mengenai topik yang diberi bobot itu, dibentuk dengan cara-cara tertentu. Oleh karena itu perilaku individual biasanya dipandu oleh norma-norma budaya mengenai suatu hal tertentu, maka media komunikasi secara tidak langsung akan mempengaruhi perilaku. Yang dilakukan media pertama akan memperkuat pola-pola yang akan disampaikan seperti visualisasi mengenai life style dan free sex dan memandu khalayak untuk percaya bahwa suatu bentuk sosial seperti itu tengah dilakukan oleh masyarakat saat ini. Media kemudian menciptakan suatu keyakinan baru mengenai apa yang disajikan, dimana audiens atau khalayak sedikit banyak telah memiliki pengalaman mengenai hal atau topik yang disajikan, selanjutnya media mengubah norma-norma yang tengah berlaku dan karenanya mengubah audiens atau khalayak dari suatu bentuk perilaku menjadi bentuk perilaku yang lain seperti halnya apa yang disajikan oleh sebuah video klip mengenai kebudayaan orang barat. Audiens dipandu supaya terpengaruh kemudian mengikuti apa yang sedang berlaku saat ini dalam sebuah media dan berlaku di kebanyakan masyarakat. Audiens yang terpengaruh lambat laun membuat norma-norma kebiasaan atau kebudayaan bergeser nilainya, menjadikan norma atau budaya negeri sendiri tidak ada artinya dibanding norma atau budaya yang ada di barat sana. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis isi, dengan tipe penelitian deskriptif.Ruang lingkup dalam penelitian ini adalah video klip Black Eyed Peas “I gotta feeling” yang berdurasi 4 menit 51 detik, dengan satuan ukur per scene dalam video klip.Unit analisis yang digunakan ialah analisis ditinjau dari adegan dan analisis ditinjau dari lirik lagu.Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi dan dokumentasi.Setelah melalui proses penelitian, pengkodingan tersebut diuji tingkat validitas dan reliabilitasnya. Analisa data yang digunakan untuk membuktikan kevalidan data adalah dengancoefisien realibility.Untuk mengetahui tingkat kesepakatan antara peneliti dengan kedua koder yang sebelumnya telah melakukan pengkodingan pada form data yang telah disediakan oleh peneliti. Dari hasil analisa data penelitian, maka diperoleh hasil pesan hedonisme yang dimunculkanuntuk kategori life style sebanyak 34 scene atau 91,89 % dari 37 scene total keseluruhan, sedangkan untuk kategori free sex sebanyak 12 scene atau 32,43% dari 37 scene total keseluruhan. Dan hal ini menunjukkan bahwa kategorilife style mempunyai jumlah yang lebih banyak muncul 34 scene atau 91,89% ketimbang kategori free sex yang hanya muncul sebanyak 12 scene atau 32,43% dari total keseluruhan scene yang berjumlah 37.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 May 2016 04:04
Last Modified: 03 May 2016 04:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28948

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo