UMM Institutional Repository

UJI AKTIVITAS ANTI JAMUR FRAKSI n-HEKSANA, ETIL ASETAT DAN METANOL RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galangal L) TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans SECARA IN VITRO.

Tawainella, Dahniar (2012) UJI AKTIVITAS ANTI JAMUR FRAKSI n-HEKSANA, ETIL ASETAT DAN METANOL RIMPANG LENGKUAS (Alpinia galangal L) TERHADAP PERTUMBUHAN Candida albicans SECARA IN VITRO. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dahniartaw-31231-1-pendahul-n.pdf

Download (534kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-dahniartaw-31231-2-babi.pdf

Download (69kB) | Preview

Abstract

Candida albicans merupakan flora normal yang ada pada tubuh manusia, namun pada keadaan predisposisi candida albicans bisa menjadi patogen dan menginfeksi tubuh. Kandidiasis merupakan penyakit infeksi yang disebabkan oleh jamur Candida albicans. Masalah yang ada pada saat ini adalah Candida albicans sudah mulai resisten terhadap obat antifungi. Di Indonesia terdapat banyak tumbuhan yang potensial sebagai antijamur, salah satunya yaitu lengkuas. Secara tradisional lengkuas biasanya digunakan sebagai obat panu, kudis, sakit perut dan bau mulut. Sehingga untuk membuktikan hal tersebut, dilakukan pengujian aktivitas antijamur dari ekstrak rimpang lengkuas dengan tujuan untuk mengetahui adanya aktivitas antijamur rimpang lengkuas terhadap pertumbuhan Candida albicans secara in vitro. Penelitian yang dilakukan menggunakan metode uji dilusi tabung, difusi cakram, dan metode haemocytometer. Hasil penelitian menggunakan metode dilusi dan difusi tidak menunjukkan adanya aktivitas antijamur terhadap Candida albicans. Kemudian digunakan metode haemocytometer untuk menghitung jumlah sel jamur pada masing-masing fraksi ekstrak rimpang lengkuas. Dari metode ini didapatkan hasil terjadi penurunan jumlah sel Candida albicans pada fraksi n-Heksana dengan kadar 3,125 mg/ml yaitu 16.983.333 sel/ml dibandingkan dengan kontrol jamur yaitu 31.100.000 sel/ml. Penelitian ini didukung dengan hasil uji KLT dimana terdapat komponen polienol pada fraksi n-Heksana dan metanol, flavonoid pada fraksi n-Heksana,etil asetat dan metanol dan terpenoid pada fraksi n-Heksana. Sehingga berdasarkan penelitian ini dapat dikatakan fraksi ekstrak rimpang lengkuas memiliki daya hambat pada Candida albicans.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: R Medicine > RS Pharmacy and materia medica
Divisions: Faculty of Health Science > Department of Pharmacy (48201)
Depositing User: Mr Moch. sholeh
Date Deposited: 03 May 2016 03:58
Last Modified: 03 May 2016 04:00
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28946

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo