UMM Institutional Repository

PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PENGURUS ORGANISASI PROFESI PUBLIC RELATIONS (Studi pada Pengurus Perhimpunan Hubungan Masyarakat Malang Raya)

LIANA, MARIANA PUTRI INDAH (2012) PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL DI KALANGAN PENGURUS ORGANISASI PROFESI PUBLIC RELATIONS (Studi pada Pengurus Perhimpunan Hubungan Masyarakat Malang Raya). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marianaput-29111-1-mariana-).pdf

Download (762kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-marianaput-29111-2-bab1.pdf

Download (451kB) | Preview

Abstract

Dalam mencapai tujuan-tujuan, tugas-tugas dan kegiatannya public relations (PR) menggunakan alat-alat atau media tertentu yang disebut dengan media public relations. Karena dengan media public relations pihak organisasi dapat menjalin dan meningkatkan hubungan antar karyawan dengan pihak manajemen serta hubungan antara pihak eksternal organisasi dengan organisasi itu sendiri.Dengan munculnya era web 2.o membuka mata dunia public relations terhadap cara komunikasi baru yang lebih sederhana, cepat, mudah, dan menjangkau sasaran luas. Pergerakan informasi yang transparan dan real time adalah sesuatu yang tidak terelakkan. Era web 2.o yang dimaksud adalah penggunaan media sosial sebagai media untuk menunjang profesi mereka. Media sosial adalah tempat, alat bantu, layanan yang memungkinkan individu untuk mengekspresikan diri mereka untuk bertemu dan berbagi dengan rekan lainnya melalui teknologi internet. Dengan demikian, public relations diharapkan mampu mengikuti fenomena ini. Sehubungan dengan hal tersebut, maka tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penggunaan media sosial di kalangan pengurus organisasi profesi public relations oleh pengurus Perhumas Malang Raya Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah technological determinism theory. Teori ini dipilih karena menjelaskan mengenai perkembangan teknologi komunikasi yang berhubungan dengan penelitian yang dilakukan yaitu mengenai ragam pemanfaatan media sosial dikalangan pengurus organisasi profesi public relations. Dimana dalam dunia public relations media sosial merupakan media baru yang menuntut para pelaku public relations untuk memanfaatkan media sosial tersebut. Media sosial merupakan bagian dari perkembangan teknologi komunikasi yang dijelaskan dalam teori ini yaitu masuk dalam perkembangan teknologi komunikasi era elektronik. Teori ini menyatakan bahwa perubahan yang terjadi pada berbagai macam cara berkomunikasi akan membentuk pula keberadaan manusia itu sendiri. Teknologi membentuk individu bagaimana cara berfikir, berperilaku dalam masyarakat dan teknologi tersebut akhirnya mengarahkan manusia untuk bergerak dari satu abad teknologi ke abad teknologi yang lain. Media sosial yang berkembang di masyarakat saat ini memiliki karakteristik yang tidak dimiliki media massa lainnya yaitu bersifat interaktif, interkonektif, share, demokratis. Dengan adanya karakteristik dari media sosial tersebut juga membawa pemikiran pengurus organisasi profesi public relations untuk berfikir sesuai dengan karakteristik dari media sosial tersebut. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan tipe penelitian yang digunakan adalah deskriptif yang memaparkan situasi atau peristiwa. Peneliti mendeskripsikan hasil penelitian yang dilakukan terhadap subjek penelitian dalam bentuk narasi yang memfokuskan pada ragam pemanfaatan media sosial di kalangan pengurus organisasi profesi public relations. Adapun Unit analisis dalam penelitian ini mempunyai karakteristik yaitu anggota Perhumas Malang Raya, masuk dalam pengurus Perhumas Malang Raya minimal satu tahun menjadi pengurus Perhumas Malang Raya Dari hasil penelitian yang dilakukan kepada subyek penelitian dapat diketahui ragam pemanfaatan media sosial di kalangan pengurus organisasi profesi public relations. Dilihat dari pemaparan yang disampaikan ragam pemanfaatann media sosial di kalangan pengurus organisasi profesi public relations dapat dilihat dari keterbukaan dan pemahaman mereka terhadap media sosial. Dari penelitian yang dilakukan,penggunaan media sosial di kalangan pengurus organisasi profesi public relations menghasilkan tiga kategori yaitu mereka memahami mengenai media sosial dan terbuka dengan keberadaan media sosial serta menggunakannya. Kategori penggunaan media sosial yang kedua yaitu memahami media sosial, tidak terbuka dengan keberadaan media sosial dan tidak menggunakan media sosial. Kategori penggunaan media sosial yang ketiga yaitu tidak memahami media sosial dan terbuka dengan keberadaan media sosial dan menggunakannya. Adapun bentuk media sosial yang mereka gunakan yaitu website, email, facebook dan mailing list.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Mr Ahmad Adi Husada
Date Deposited: 03 May 2016 02:39
Last Modified: 03 May 2016 02:39
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28937

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo