UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-2 PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MALANG

SUGIARNO, (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS X-2 PADA MATERI EKOSISTEM DI SMA MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sugiarno07-29361-2-bab1.pdf

Download (312kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-sugiarno07-29361-1-penddahu-n.pdf

Download (682kB) | Preview

Abstract

Model pembelajaran kooperatif merupakan model pembelajaran yang banyak digunakan oleh kalangan pendidik saat ini termasuk salah satunya guru biologi kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 malang. Berdasarkan observasi pembelajaran kooperatif yang digunakan guru biologi masih kurang optimal. Hanya 2 siswa yang aktif dan dominan untuk bertanya dan berpendapat. Sedangkan hasil belajar biologi semester ganjil rata-rata 66,9 nilai tersebut masih tergolong rendah karena kriteria ketuntasan minimal kelas X-2 adalah 75. Dari permasalahan tersebut diketahui bahwa model pembelajaran yang diterapkan tidak sesuai dengan prosedur pembelajaran kooperatif. Oleh karena itu perlu diterapkan model pembelajaran kooperatif yang seseuai dengan prosedur pembelajaran. Altematif model pembelajaran yang dapat diterapkan yaitu model pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Archivement Divisions). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dalam meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas X-2 SMA Muhammadiyah 1 Malang. Jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Aktivitas pada siklus I mencapai 86.10% meningkat menjadi 94.44 % pada siklus II. Sedangkan hasil belajar, pada siklus I siswa yang tuntas secara individu berjumlah 11 siswa dengan ketuntasan klasikal sebesar 57%. Pada siklus II setelah dilakukan perbaikan-perbaikan pembelajaran, siswa yang tuntas secara individu mengalami peningkatan menjadi 17 siswa dengan ketuntasan klasikal 85%. Sehingga bisa disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 07:01
Last Modified: 02 May 2016 07:01
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28893

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo