UMM Institutional Repository

PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) PADA MATERI EKOSISTEM

RAHMAWATI, LAILI (2012) PENGEMBANGAN MODUL BIOLOGI DENGAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL MODEL REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) PADA MATERI EKOSISTEM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailirahma-29536-2-bab1.pdf

Download (37kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lailirahma-29536-1-pendahul-n.pdf

Download (571kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran kontekstual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkannya dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil analisis lapangan, minimnya sumber belajar berupa bahan ajar yang dimiliki siswa, buku paket yang dimiliki siswa kurang memberi kesempatan kepada siswa untuk membangun pengetahuannya sendiri. Penelitian ini bertujuan mengembangkan modul biologi dengan pendekatan kontekstual model REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Development Research). Prosedur pengembangan modul meliputi pengkajian potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk, dan revisi penyempurnaan produk. Penelitian ini dilakukan sampai tahap revisi penyempurnaan produk setelah dilakukan uji coba modul ke siswa. Subjek validasi modul (validator) adalah dua dosen pendidikan biologi Universitas Muhammadiyah Malang dan satu guru biologi MA Muhammadiyah 1 Malang. Hasil pengembangan ini berupa modul dalam 3 kegiatan belajar, yaitu pada pokok bahasan (1) Prinsip-Prinsip Ekologi, (2) Aliran Energi Ekosistem, dan (3) Daur Biogeokimia. Masing-masing kegiatan belajar menerapkan strategi dengan pendekatan kontekstual model REACT. Hasil penilaian validator dengan rata-rata total sebesar 4.6 yang berarti sangat valid. Nilai hasil uji coba terhadap evaluasi modul menunjukkan 85% siswa sampel telah menyelesaikan modul dengan baik. Respon siswa terhadap modul dengan kategori“sangat setuju” rata-rata total 26.87, siswa “setuju” rata-rata total sebesar 71.04, siswa “tidak setuju” rata-rata total sebesar 1.06 dan siswa “sangat tidak setuju” dengan rata-rata total 0.12, maka respon siswa bernilai positif. Alokasi waktu yang dibutuhkan siswa untuk mengerjakan modul kegiatan belajar 1 menunjukkan rerata 44.55 menit dan 39.55 menit untuk kegiatan belajar 2. Berdasarkan hasil penilaian uji coba, maka modul yang dikembangkan pada materi ekosistem dapat digunakan sebagai sumber belajar biologi SMA/MA kelas X.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 06:46
Last Modified: 02 May 2016 06:46
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28884

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo