UMM Institutional Repository

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X7 SMA NEGERI 2 BATU PADA MATERI EKOSISTEM

MAS'ULA, LILIK (2012) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN GROUP INVESTIGATION (GI) DENGAN PENDEKATAN JELAJAH ALAM SEKITAR (JAS) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KERJA ILMIAH DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS X7 SMA NEGERI 2 BATU PADA MATERI EKOSISTEM. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lilikmasul-29537-2-babi.pdf

Download (186kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-lilikmasul-29537-1-pendahul-n.pdf

Download (472kB) | Preview

Abstract

Siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Batu memiliki permasalahan dalam kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar Biologi. Penerapan kegiatan pembelajaran Biologi yang masih berorientasi pada guru (teacher centered) dan perolehan konsep materi Biologi yang masih dilakukan secara konvensional serta kerja ilmiah siswa yang masih belum terlaksana mengakibatkan hasil belajar siswa kurang optimal. Berdasarkan nilai ulangan harian, dari 29 siswa kelas X7 hanya 30% yang mencapai nilai KKM yaitu 75. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) dengan pendekatan Jelajah Alam Sekitar (JAS) dalam meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Batu pada materi ekosistem. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan pada tanggal 1 Mei s/d 22 Mei 2012 dan terdiri dari 2 siklus. Penelitian ini menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran GI dengan pendekatan JAS terlaksana dengan optimal. Kemampuan kerja ilmiah tiap-tiap kelompok pada siklus I yaitu kelompok I dan IV memiliki kemampuan kerja ilmiah baik, kelompok II dan III memiliki kemampuan kerja ilmiah sangat baik dan kelompok V memiliki kemampuan kerja ilmiah cukup baik, sementara pada siklus II kelima kelompok memiliki kemampuan kerja ilmiah sangat baik. Berdasarkan analisis data hasil tes formatif, ketuntasan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 75,86% (22 dari 29 siswa) sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 82,76% (24 dari 29 siswa), artinya terjadi peningkatan sebesar 6,9%. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan penerapan model pembelajaran GI dengan pendekatan JAS dapat meningkatkan kemampuan kerja ilmiah dan hasil belajar siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Batu.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 06:43
Last Modified: 16 Mar 2018 06:57
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28882

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo