UMM Institutional Repository

PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM MELALUI METODE TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG

EFENDI, KUSNADI (2012) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATERI EKOSISTEM MELALUI METODE TEAMS GAMES TURNAMENT (TGT) PADA SISWA KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kusnadiefe-29738-2-babi.pdf

Download (243kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-kusnadiefe-29738-1-pendahul-n.pdf

Download (516kB) | Preview

Abstract

Permasalahan pembelajaran Biologi di MTs Muhammadiyah 01 malang diantaranya adalah kurangnya motivasi siswa dalam belajar. Hal ini ditunjukkan dengan tidak adanya hasrat siswa untuk berhasil dalam pelajaran, ini ditandai dengan siswa malas dan bosan saat pelajaran biologi. Selain itu hasil angket motivasi siswa didapatkan data kategori motivasi tinggi 6 siswa (33,3%), kategori sedang 10 siswa (55,6%), dan kategori rendah 2 siswa (11,1%). Selain itu, nilai rata-rata ulangan siswa kelas VIIA adalah 52,26 di bawah KKM di MTs Muhammadiyah 01 Malang yaitu 65. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Game Turnament untuk meningkatkan motivasi belajar siswa kelas VIIA pada mata pelajaran Biologi di MTs Muhammadiyah 01 Malang. 2) mengetahui peningkatan motivasi dan hasil belajar kelas VIIA pada mata pelajaran Biologi di MTs Muhammadiyah 01 Malang dengan menggunakan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Game Turnament. Jenis penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 siklus yang terdiri dari perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan model pembelajaran cooperative learning tipe Team Game Turnament dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut: pembentukan kelompok oleh guru, sebelum permainan dimulai setiap kelompok diberikan modal awal sebesar 500 poin. Permainan dilakukan dengan meminta perwakilan kelompok untuk mengambil kartu turnamen dan membacakan pada kelompoknya kemudian kelompok menjawab pertanyaan yang dibacakan oleh teman kelompoknya apabila kelompoknya tidak bias menjab maka bias pas dan dilempar pada kelompok berikutnya, presentasi kelompok, pemberian poin, guru menutup pembelajaran. 2) Penerapan model pembelajaran pembelajaran cooperative learning tipe Team Game Turnament dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa. Pada hasil angket siklus I prosentase motivasi belajar siswa pada kategori sangat tinggi 22,22%, kategori tinggi 55,56%, dan kategori sedang 22,22%. Sedangkan pada siklus II kategori sangat tinggi meningkat menjadi 83,33%, kategori tinggi turun 16,67%, dan kategori rendah sudah tidak ada. Sedangkan, hasil belajar pada siklus I prosentase yang tuntas yaitu 55,56% mengalami peningkatan pada siklus II mencapai 77,28%. Sedangkan ketuntasan individu pada siklus I 62,78% mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 75,28%.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 06:40
Last Modified: 02 May 2016 06:40
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28880

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo