UMM Institutional Repository

PENYELESAIAN WANSPRESTASI PADA PERJANJIAN KREDIT USAHA KECIL TANPA AGUNAN ( Studi di Bank Danamon Simpan Pinjam (DSP) Unit Klojen - Malang )

SARI, PETTY DINDA (2012) PENYELESAIAN WANSPRESTASI PADA PERJANJIAN KREDIT USAHA KECIL TANPA AGUNAN ( Studi di Bank Danamon Simpan Pinjam (DSP) Unit Klojen - Malang ). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pettydinda-29858-2-babi.pdf

Download (40kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-pettydinda-29858-1-pendahul-n.pdf

Download (974kB) | Preview

Abstract

Subjek dalam penelitian ini adalah Bank Danamon Simpan Pinjam (DSP) Solusi Modal Unit Klojen - Malang, sedangkan objek kajiannya berupa penyelesaian wansprestasi pada perjanjian kredit usaha kecil tanpa agunan. Pada dasarnya, kredit tanpa agunan ini punya banyak sekali peminat, selain syaratnya mudah, juga karena selalu dibumbui janji-janji proses yang cepat. Dengan tidak adanya agunan sebagai unsure utama pemberian kredit, maka hal ini sangat menguntungkan bagi para pemilik usaha khususnya usaha kecil menengah yang sedang berkembang karena jika seandainya terjadi wansprestasi maka pihak bank tidak bisa melakukan eksekusi benda-benda milik debitur. Namun pada kenyataannya, eksekusi jaminan pada kredit tanpa agunan ini dilakukan. Hal ini tentunya bertentangan dengan subtansi perjanjian kredit tanpa agunan. Berdasarkan hal tersebut maka dirumuskan permasalahan yaitu : bagaimana proses pelaksanaan kredit tanpa agunan pada DSP Unit Klojen – Malang dan bagaimana penyelesaian wanprestasi kredit tanpa agunan pada DSP Unit Klojen – Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian adalah dengan pendekatan yuridis sosiologis, sedangkan sumber data yang penulis gunakan berupa data primer dan data sekunder yang kemudian penulis analisis dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif, yaitu suatu cara penelitian yang menghasilkan data deskriptif analisis. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan : bahwa DSP Unit Klojen – Malang dalam proses pelaksanaan perjanjian kredit tanpa agunan dilakukan melalui seleksi terhadap calon kreditur sebagaimana ketentuan yang ditetapkan oleh Bank Danamon. Terhadap Debitur yang melakukan wanprestasi kredit tanpa agunan, penyelesaiannya dilakukan melalui dua jalur, yaitu pengadilan maupun di luar pengadilan. Namun dalam kenyataannya, penyelesaian wanprestasi pada jalur pengadilan tidak pernah dilakukan dengan alasan finansial serta proses yang terlalu rumit dan panjang. Penyelesaian di luar jalur pengadilan ditempuh melalui cash flow, Restruktur, Surat Peringatan, Penagihan Pihak ke-3.Untuk menghindari kerugian yang besar maka perlu tindakan yang tegas dan salah satunya adalah Eksekusi Jaminan Kredit dengan mengambil alih barang milik kreditur sebesar sisa dari nilai kredit yang masih menjadi tanggungan pihak kreditur.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 06:38
Last Modified: 02 May 2016 06:38
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28878

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo