UMM Institutional Repository

PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2003 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA TERORISME (Studi Kasus pada MA MaÂ’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong - Kabupaten Sampang)

JAINUDDIN, (2012) PEMAHAMAN SANTRI TERHADAP UNDANG-UNDANG NOMOR 15 TAHUN 2003 TENTANG PEMBERANTASAN TINDAK PIDANA TERORISME (Studi Kasus pada MA MaÂ’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong - Kabupaten Sampang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jainuddin0-29859-1-pendahul-n.pdf

Download (884kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jainuddin0-29859-2-babi.pdf

Download (408kB) | Preview

Abstract

Perubahan tatanan kehidupan warga negara Indonesia yang di warnai dengan tindak kekerasan, aksi-aksi terorisme (pengeboman) sejak tahun 1998 sampai 2011 menunjukkan ketidak harmonisan warga negara dalam menjunjung tinggi nilai-nilai Pancasila ”Bhinneka Tunggal Ika”. Oleh karena itu, pemahaman terhadap Undang-Undang Nomor 15 tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme harus selalu di tanamkan kepada setiap jiwa warga negara Indonesia demi tercapainya tujuan nasional, menjadi masyarakat yang menjunjung tinggi kedamaian, menjadi masyarakat yang rukun, aman, tertib, dan sejahtera. Penelitian ini dilakukan terhadap Santri MA Ma’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong - Kabupaten Sampang, dengan tujuan: (1) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan pemahaman Santri terhadap Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, (2) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, (3) Untuk mengetahui dan mendiskripsikan upaya MA Ma’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong - Kabupaten Sampang dalam pemahaman terhadap Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme sesuai yang dimaksudkan oleh Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Pendekatan wawancara dilakukan dengan tahapan-tahapan, yaitu: menggunakan petunjuk umum wawancara dan model wawancara baku terbuka, dan mengambil lokasi di MA Ma’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong - Kabupaten Sampang, sumber data penelitian ini adalah Santri kelas I, kelas II, dan kelas III putra-putri MA Ma’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong. Penelitian ini menggunakan teknik pemeriksaan keabsahan data dengan teknik triangulasi, sedangkan metode analisis data yang digunakan bersifat deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Mayoritas Santri MA Ma’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong, yang dijadikan subjek penelitian belum memahami Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme, (2) faktor-faktor yang mempengaruhi pemahaman santri sesuai Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Terorisme antara lain: (a) faktor internal, rasa ingin tau, (b) faktor eksternal antara lain keluarga, sekolah dan lingkungan MA Ma’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong dan, (3) Upaya yang dilakukan MA Ma’had Al-Ittihad Al-Islami (MII) Camplong dalam pemahaman Tindak Pidana Terorisme sesuai yang dimaksudkan oleh Undang-Undang Nomor 15 Tahun 2003, (a) pondok pesantren berusaha menanamkan nilai-nilai saling mengahargai terhadap perbedaan faham, dan toleransi, (b) pemahaman bersumber dari Al-Qur’an dan Hadits secara konsisten dan tuntas, memperkokoh aqidah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 06:36
Last Modified: 02 May 2016 06:36
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28876

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo