UMM Institutional Repository

PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA YANG DI AJAR DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL- REACT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG

WIDYA K.W.S, ADINING (2012) PERBEDAAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN BIOLOGI SISWA YANG DI AJAR DENGAN PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL- REACT DAN PEMBELAJARAN KONVENSIONAL DI KELAS VIII SMP BRAWIJAYA SMART SCHOOL MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adiningwid-29784-2-babi.pdf

Download (35kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-adiningwid-29784-1-pendahul-n.pdf

Download (230kB) | Preview

Abstract

Pemilihan pembelajaran yang tepat dan sesuai dengan materi yang diajarkan dapat berdampak positif terhadap hasil dan aktivitas belajar siswa. Materi Gerak Tumbuhan banyak mengandung hafalan, wacana, dan gambar, maka melalui pembelajaran Konvensional guru dapat berbagi informasi yang tidak mudah ditemukan ditempat lain sehingga memungkinkan untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan hasil belajar diharapkan diikuti dengan peningkatan aktivitas belajar siswa. Aktivitas belajar nantinya juga dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, hal tersebut berkaitan dengan ketertarikan siswa terhadap materi yang dibahas. Pembelajaran dapat menjadi alternatif dalam pembelajaran Biologi salah satunya Kontekstual-REACT. Pembelajaran Kontekstual-REACT prinsip dasar kegiatan belajarnya adalah memberdayakan semua potensi yang dimiliki siswa untuk mencapai ketuntasan belajar sehingga pembelajaran tersebut dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dalam pembelajaran.Penelitian ini dilakukan dengan tujuan (1) untuk mengetahui perbedaan hasil belajar siswa yang diajar melalui pembelajaran kontekstual-REACT dan pembelajaran konvensional (2) untuk mengetahui perbedaan aktivitas belajar antara siswa yang diajar melalui pembelajaran Kontekstual-REACT dan pembelajaran Konvensional. Jenis penelitian ini menggunakan Pra-eksperiment dengan rancangan Two Group, Pretest posttest design, yang dilaksanakan pada tanggal 11 Juli sampai 19 Juli 2012. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan aktivitas belajar siswa antara kelas Kontekstual-REACT dibanding pembelajaran konvensional. berdasarkan uji hipotesa melalui uji t diperoleh t hitung > ttabel. Hasil belajar siswa pada Pembelajaran Kontekstual-REACT dibanding pembelajaran Konvensional dalam penelitian ini tidak mengalami perbedaan secara signifikan. Berdasarkan hasil rata-rata nilai pre-post test pada pembelajaran Kontekstual-REACT yaitu 32,4 dan 69,1 sedangkan pre-post test pada pembelajaran konvensional yaitu 32,7 dan 68.7. Jadi diperoleh kesimpulan bahwa terdapat perbedaan pembelajaran Kontekstual-REACT dibanding pembelajaran Konvensional dilihat dari aktivitas belajar Biologi siswa SMP Brawijaya Smart School Malang.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 06:33
Last Modified: 02 May 2016 06:33
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28875

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo