UMM Institutional Repository

IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS II A ANAK BLITAR

HADI, JAUHAR ROHMANA (2012) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN KARAKTER DI LEMBAGA PEMASYARAKATAN ANAK KELAS II A ANAK BLITAR. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jauharrohm-30154-1-pendahul-.pdf

Download (172kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-jauharrohm-30154-2-babi.pdf

Download (25kB) | Preview

Abstract

Pendidikan Karakter yang dilaksanakan di Lembaga Pemayarakatan Kelas II A Anak (LPA) Blitar merupakan salah satu upaya pembinaan dalam rangka untuk mengembalikan perilaku dan sikap mental anak ke arah yang lebih baik. Dengan begitu diharapkan anak dapat kembali menjadi manusia seutuhnya, meninggalkan masa lalunya yang gelap, menyadari kesalahannya dan tidak akan mengulangi kesalahannya sehingga dapat diterima kembali oleh lingkungan masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan Implementasi Pendidikan Karakter di LPA Blitar, yang mencakup tujuan Pendidikan Karakter di LPA Blitar, isi materi Pendidikan Karakter di LPA Blitar, metode dan media yang digunakan dalam pembelajaran Pendidikan Karakter di LPA Blitar, pelaksanaann evaluasi pembelajaran Pendidikan Karakter, hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran serta cara untuk mengatasi hambatan pelaksanaan Pendidikan Karakter di LPA Blitar. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian kualitatif. Data penelitian yang berupa dokumentasi dan hasil wawancara dengan beberapa informan kunci seperti peserta didik, petugas, guru pengajar, dan orangtua anak. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik wawancara, observasi dan dokumentasi. Beberapa simpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, mengenai tujuan dilaksanakan pendidikan karakter di LPA Blitar adalah intinya untuk memberikan kepada anak didik, agar jika mereka sudah keluar dari LPA Blitar, mereka bisa menjadi manusia seutuhnya dan bisa diterima oleh masyarakat. Kedua, isi materi pendidikan karakter adalah berkaitan dengan penanaman nilai, akhlak, bagaimana berperilaku yang baik sesuai dengan norma yang berlaku, berlaku sopan, menghargai sesama manusia dan bertanggungjawab atas apa yang telah dilakukannnya, disiplin, patriotis, tenggang rasa, empati, adil, dan hidup dalam kebersamaan. Ketiga, mengenai metode dalam pelaksanaan Pendidikan Karakter adalah metode ceramah, permainan, dan pembiasaan. Keempat, hambatan dalam pelaksanaan Pendidikan Karakter yaitu; (a) Kurangnya motivasi belajar , (b) kurangnya koordinasi, (c) jumlah tenaga pengajar yang terbatas, (d) guru kurang kompeten, (e) motivasi guru dalam mengajar kurang, (f) belum jelas mengenai materi Pendidikan Karakter, dan (g) minimnya jam pelajaran. Kelima, solusi yang dilakukan untuk mengatasi hambatan dalam pelaksanaan Pendidikan Karakter di LPA Blitar yaitu; (a) menyediakan tenaga guru yang kompetensi mengajar, (b) guru-guru yang mempunyai SK dari dephukham diberikan insentif berupa tambahan gaji agar mereka tidak lagi mempunyai kecemburuan sosial dengan guru-guru lainya, (c) memberikan perhatian lebih kepada anak-anak binaan atau siswa, (d) menambah jam pelajaran atau jam sekolah, (e) inovasi metode pembelajaran biar menarik dalam pembelajaran Pendidikan Karakter.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education (87205)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 06:29
Last Modified: 02 May 2016 06:29
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28872

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo