UMM Institutional Repository

AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN APARTEMEN SOEKARNO HATTA

Febrianti, Dwi Anisa (2011) AKTIVITAS KOMUNIKASI PEMASARAN APARTEMEN SOEKARNO HATTA. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwianisafe-21532-Pendahul-n.pdf

Download (363kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-dwianisafe-21532-BAB+I.pdf

Download (117kB) | Preview

Abstract

Perkembangan apartemen di Malang masih belum pesat seperti di Jakarta, Surabaya maupun di Bandung. Hal ini disebabkan karena kota Malang secara ekonomi belum seperti kota besar tersebut. Namun sekarang kota Malang perkembangan sosial ekonomi sudah sangat berubah. Sehingga permintaan akan adanya apartemen sedikit banyak memberi peluang pembangunan apartemen. Sekarang sudah ada pembangunan tiga apartemen di kota Malang yaitu Apartemen Soekarno Hatta, Malang City Point dan Malang Trade Centre. Dimana apartemen ini membidik pangsa pasar kaum eksekutif dan kalangan atas. Selain itu sebagai pilihan gaya hidup atau bahkan bisa menjadi representasi kelas tertentu, karena pertumbuhan ekonomi kelas menengah baru hampir di banyak tempat di Indonesia atau di negara lain, yang mana golongan ini notabene mempunyai daya mobilitas dan daya beli yang tinggi, sehingga merupakan sasaran yang pas untuk dieksploitasi seluruh kebutuhannya. Jadi kebutuhan apartemen adalah gaya hidup yang elegan dan esklusif. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apa saja aktivitas komunikasi pemasaran yang dilakukan marketing Apartemen Soekarno Hatta?. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Analisa ini diharapkan ini diharapkan dapat memberikan gambaran secara sistematis, faktual dan akurat mengenai fakta-fakta dan situasi yang diselidiki pada Apartetemen Soekarno Hatta. Sedangkan pendekatan kualitatif digunakan untuk meneliti suatu obyek alami dimana peneliti merupakan instrumen kunci. Berdasarkan hasil penelitian diketahui advertising yang digunakan Apartemen Soekarno Hatta dalam aktivitas Pemasaran antara lain Brosur pada waktu pameran baik yang diadakan di MOG maupun di MATOS. Video Screening yang berisi slide view fasilitas yang tersedia di Apartement (Swimming pool, food court, fitness centre, library centre, contoh unit Apartemen, keunggulan apartemen dekat dengan kampus yang dapat diakses dari manapun. Maket Apartemen sebanyak 3 buah, tampak denah 3 dimensi dengan Ruang Studio dan 1 Badroom. Maket apartement digunakan pada waktu pameran dan di kantor pemasaran untuk informasi kepada masyarakat. Neon Sign 3 x 1,5 meter 3 buah. X Banner 30 buah, dipasang di bank yang ada di kota Malang dan Spanduk 20 buah setiap bulan. Umbul-umbul 50 buah setiap bulan. Website, berisi informasi yang tersedia di Apartemen dan Radio Kota Malang dan Surabaya. Tv Lokal JTV dan batu TV. Pameran kota Malang & Surabaya (MOG & Matos Malang). Personal selling adalah bentuk komunikasi antar individu dimana tenaga penjual menginformasikan dan melakukan persuasi kepada calon pembeli untuk membeli produk perusahaan. Sehingga dalam hal ini Apartemen Soekarno Hatta komunikasi pemasaran yang dilakukan adalah dengan membuat dan menetapkan program kerja pemasaran secara bulanan, mingguan, harian. Direct selling adalah komunikasi dua arah yang dilaksanakan langsung dengan tujuan untuk memperoleh respon atau transaksi langsung antara penjual dan pembeli. Untuk itu Apartemen Soekarno Hatta melakukan komunikasi pemasaran memiliki target pemasaran kepada masyarakat luas di Malang. Aktivitas pemasaran dari Apartemen Soekarno Hatta ditujukan untuk mengenalkan apartemennya kepada masyarakat. Bentuk pendekatan direct selling adalah melalui personal target dan group target. Sebagai personal target yang menjadi sasaran marketing Apartemen Soekarno Hatta adalah Radio, Billboard dan Spanduk. Adapun group target direct selling Apartemen Soekarno Hatta adalah masyarakat Malang Raya dan Sekitarnya. Promosi penjualan pada Apartemen Soekarno Hatta adalah berupa diskon bagi masyarakat yang melakukan pembelian pada saat soft lounching dan pameran sebesar 20% dan pengembalian dana (cash back) pembelian 10 pembeli pertama. Diharapkan dengan diskon premium dan pengembalian dana ini dapat mendorong masyarakat agar membeli apartemen. Marketing public relation terbagi atas dua jenis yaitu marketing public relation proaktif dan marketing public relation reaktif. Marketing public relation proaktif mengkomunikasikan keunggulan produk dalam bentuk periklanan, promosi dan penjualan pada suatu area. Jadi intinya adalah proaktif lebih berorientasi pemasaran secara aktif dalam arti mencari peluang di masyarakat. Adapun bentuk-bentuk marketing public relation proaktif Apartemen Soekarno Hatta adalah kunjungan Temu Muka (Visiting), Presentasi di beberapa tempat bisnis dan Persiapan Grand Launching.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 05:08
Last Modified: 02 May 2016 05:08
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28871

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo