UMM Institutional Repository

PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP SEMAGAT KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan di UMM Inn Malang)

Rossanty, Yuanita (2011) PENGARUH IKLIM KOMUNIKASI ORGANISASI TERHADAP SEMAGAT KERJA KARYAWAN (Studi Kasus Pada Karyawan di UMM Inn Malang). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yuanitaros-21533-pendahul-n.pdf

Download (526kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yuanitaros-21533-BAB+I.pdf

Download (22kB) | Preview

Abstract

Iklim komunikasi tertentu memberi pedoman bagi keputusan dan perilaku individu. Keputusan-keputusan yang diambil oleh anggota organisasi untuk melaksanakan pekerjaan mereka secara efektif, untuk mengikatkan diri mereka dengan organisasi, untuk bersikap jujur dalam bekerja, untuk meraih kesempatan dalam organisasi secara bersemangat, untuk mendukung para rekan dan anggota organisasi lainnya, untuk melaksanakan tugas secara kreatif, dan untuk menawarkan gagasan-gagasan inovatif bagi penyempurnaan organisasi dan operasinya, semua ini dipengaruhi oleh iklim komunikasi. Pengelolaan sumber daya manusia bergantung kepada tersedianya kondisi atau iklim yang baik dalam organisasi atau perusahaan. Begitu juga dengan iklim komunikasi sebuah organisasi dipandang penting karena berhubungan dengan cara hidup karyawan:kepada siapa mereka berbicara, siapa yang mereka sukai, perasaan yang mereka rasakan, bagaimana kinerja mereka, bagaimana perkembangan mereka, tujuan apa yang ingin mereka capai, dan cara mereka menyesuaikan diri dengan organisasi. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap semangat kerja karyawan dan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap semangat kerja karyawan. Metode penelitian yang digunakan untuk mengetahui pengaruh iklim organisasi terhadap semangat kerja karyawan dengan menggunakan analisis korelasi dan regresi sederhana. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis regresi, analisis ini memiliki tujuan utamanya adalah untuk menduga besarnya koefisien regresi dengan maksud untuk melakukan prediksi seberapa besar kontribusi variabel bebas (pengaruh iklim komunikasi organisasi) terhadap variabel terikatnya (semangat kerja karyawan), koefisien determinasi dan uji t. Berdasarkan hasil perhitungan, maka dapat diartikan bahwa pengaruh iklim komunikasi organisasi mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap semangat kerja karyawan. Dari hasil perhitungan dengan menggunakan analisis korelasi diketahui adanya hubungan yang signifiknan sebesar 0,618. Pengaruh iklim komunikasi organisasi terhadap semangat kerja karyawan dapat diterima kebenarannya berdasarkan hasil pengujian statistik, karena nilai signifikansinya lebih kecil dari alpha dan pengaruhnya positif dimana jika iklim komunikasi organisasi bertambah maka semangat kerja bertambah.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 05:04
Last Modified: 02 May 2016 05:04
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28870

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo