UMM Institutional Repository

PENGARUH DAYA TARIK ACARA "UYA EMANG KUYA" TERHADAP TINDAKAN (Studi pada Masyarakat Kelurahan Bareng Tengah Malang) MENONTON MASYARAKAT

GUSTIAR, YOSA (2011) PENGARUH DAYA TARIK ACARA "UYA EMANG KUYA" TERHADAP TINDAKAN (Studi pada Masyarakat Kelurahan Bareng Tengah Malang) MENONTON MASYARAKAT. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yosagustia-21534-Pendahul-n.pdf

Download (527kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-s1-2011-yosagustia-21534-BAB+I.pdf

Download (106kB) | Preview

Abstract

Pada media elektronik, televisi merupakan media yang banyak petindakannya. Karena dalam televisi, ada audio visualnya. Sehingga, audiens bisa secara langsung melihat serta menikmati acara yang disuguhkan oleh stasiun tv tersebut. Salah satu program acara yang menarik peneliti untuk diteliti adalah Acara Uya emang Kuya. Acara progam Uya Emang Kuya mempunyai daya tarik tersendiri dalam penyuguhan sulapnya, dengan dibumbui canda dari pesulap sendiri yaitu Uya. Yang sehingga tidak menutup kemungkinan sulap tidak begitu monoton. Hipnotis dalam segment setelah sulap dalam acara Uya sangat cukup menghibur dan memberikan makna, dengan memberikan ketidak sadaran objek yang di hipnotis menjadi seorang jujur dengan diberikan pertanyaan oleh Uya. Konsep uya Emang Kuya dalam progam hiburan terutama segment dalam hipnotis cukup memberikan makna pesan buat korban ataupun audiensnya. Tetapi disegment hipnotis ini pesulap yaitu Uya, juga terlalu kelewatan untuk mengorek kehidupan pribadi orang lain atau korbanya. Tetapi disatu sisi lain itu sangat menghibur bagi audiens dimana audiens tahu segalanya, kejujurannya para korban atau latar belakang korban, dengan hipnotis itu. Daya tarik adalah kemampuan menarik ( interest ) perhatian. Sedangkan hipnotis adalah teknik atau praktik dalam mempengaruhi orang lain secara sengaja untuk masuk ke dalam kondisi yang menyerupai tidur, di mana seseorang yang terhipnotis bisa menjawab pertanyaan yang diajukan, serta menerima sugesti dengan tanpa perlawanan. Sedangkan tindakan menonton adalah segala sesuatu yang dilakukan secara berkesinambungan dalam menonton progam hiburan televise, ketika menerima pesan melalui hiburan televisi maka yang akan ditunjukan adalah dengan tetap menonton dan menyaksikan tayangan berita televisi dengan tidak mengganti dengan tayangan atau progam yang lain. Penelitian ini menggunakan teori AIDDA karena Perhatian, ketertarikan, hasrat, keputusan, dan tindakan merupakan proses atau tahapan yang dilalui pemirsa pada saat menyaksikan sebuah tayangan. Definisi operasional dalam penelitian ini terbagi menjadi dua variable yaitu variable daya tarik sebagai variable X dan variable tindakan menonton sebagai variable Y. Tipe penelitian ini adalah eksplanatori, dan dasar penelitiannya adalah penelitian survey dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini dilakukan di Kelurahan Bareng Tengah RT I, II dan III. Adapun dalam penelitian ini populasinya adalah masyarakat atau warga RT I, II, dan III yang telah memenuhi kriteria populasi yang berjumlah 210. Dan dengan penetapan jumlah sampel sesuai rumus Taro Yamane didapatkan sebesar 68 orang yang akan dijadikan sampel. Teknik sampel yang digunakan adalah teknik Simple Random Sampling (Sampel acak sederhana). Teknik analisa data yang digunakan adalah regresi linear sederhana dan koefisien korelasi sederhana. Berdasarkan analisa data yang telah dilakukan, peneliti dapat menarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh antara Daya Tarik acara Uya emang Kuya di SCTV terhadap tindakan menonton masyarakat. Besarnya pengaruh atau kontribusi yang diberikan variabel daya tarik acara Uya emang Kuya terhadap tindakan menonton masyarakat sebesar 54,9%. Dan sisanya sebesar 45,1% akan dijelaskan oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dijelaskan dalam penelitian ini. Berdasarkan kesimpulan tersebut disarankan peneliti sejenis selanjutnya untuk meneliti dengan menggunakan metode penelitian lain ataupun menggunakan sampel penelitian yang berbeda dalam lebih terspesifikasikan pada penelitiannya. Dan disarankan kepada masyarakat khususnya para pemirsa acara Uya emang Kuya untuk dapat memilih acara yang bermanfaat.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Divisions: Faculty of Social and Political Science > Department of Communication Science (70201)
Depositing User: Ida Fitriani Noor
Date Deposited: 02 May 2016 04:59
Last Modified: 02 May 2016 04:59
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28869

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo