UMM Institutional Repository

PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGARUH NARKOBA (STUDI KASUS SMA NEGERI XX PONOROGO)

Sugiarto, Yerry Windra (2012) PERSEPSI SISWA TERHADAP PENGARUH NARKOBA (STUDI KASUS SMA NEGERI XX PONOROGO). Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yerrywindr-28844-1-pendahul-n.pdf

Download (163kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-yerrywindr-28844-2-babi.pdf

Download (24kB) | Preview

Abstract

Dunia saat ini dilanda era informasi dan globalisasi, dimana pengaruh dari luar negeri baik yang bersifat positif mupun negatif tidak bisa dibendung lagi. Permasalahan ini membawa konsekuensi dalam segala lini kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara bangsa Indonesia. Demikian juga dengan keberadaan karakter suatu bangsa. Karakter sebuah bangsa sangat ditentukan oleh karakter individunya karena individu merupakan unsur terkecil penyusun suatu bangsa. Pembentukan karakter di usia dini merupakan fondasi penting bagi terciptanya tatanan bangsa yang maju dan beradab. Adanya kenyataan gejala krisis moral di masyarakat seperti tawuran mahasiswa, narkoba, korupsi dan lain sebagainya membuktikan bahwa pendidikan moral di Indonesia belum berjalan maksimal yang justru akan menjadi ancaman bagi kelestarian tatanan masyarakat di Indonesia. Untuk itu, diperlukan suatu pendidikan karakter yang dapat membangun pemahaman dan tingkah laku seseorang. Permasalahan dalam penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Bagaimana persepsi siswa SMA Negeri XX Ponorogo terhadap bentuk-bentuk penyalahgunaan narkoba? (2) Bagaimana persepsi siswa SMA Negeri XX Ponorogo terhadap penanggulangan bahaya narkoba ? Secara lebih rinci penelitian ini bertujuan : 1) Menjelaskan persepsi siswa SMA Negeri XX Ponorogo terhadap bentuk-bentuk penyalahgunaan narkoba, 2) Menjelaskan persepsi persepsi siswa SMA Negeri XX Ponorogo terhadap penanggulangan narkoba. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, karena penelitian ini berusaha untuk mendiskripsikan dan menganlisis fenomena aktivitas sosial, sikap dan persepsi seseorang atau kelompokenyalahgunaan narkoba.Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah: (1) Observasi, (2) Dokumentasi, dan (3) Wawancara. Hasil penelitian dapat dismpulkan: (1) Persepsi siswa SMA Negeri XX Ponorogo terhadap penyalahgunaan narkoba menyatakan bahwa pengaruh narkoba sangat berbahaya bagi generasi muda generasi penerus perjuangan bangsa, disamping akan menghambat cita-cita masa depan sebagai remaja, (2) Persepsi siswa SMA Negeri XX Ponorogo terhadap penanggulangan narkoba selama ini cukup efektif dan harus mendapatkan dukungan dari semua pihak, termasuk generasi muda yang seharusnya berada di barisan terdepan dalam pemberantasnnya.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Pancasila and Civics Education
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 04:45
Last Modified: 02 May 2016 04:45
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28868

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo