UMM Institutional Repository

PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG TAHUN 2010

Agustiawan, Andri (2012) PARTISIPASI POLITIK MASYARAKAT DALAM PEMILIHAN KEPALA DAERAH DI KECAMATAN DAU KABUPATEN MALANG TAHUN 2010. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andriagust-29245-1-01penda-n.pdf

Download (707kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-andriagust-29245-2-02bab1.pdf

Download (152kB) | Preview

Abstract

Pemilihan Kepala Daerah sebagai wahana menyalurkan segala aspirasi masyarakat terutama dalam mempengaruhi keputusan politik sangat prioritas dengan adanya pemilihan kepala daerah setiap individu maupun kelompok masyarakat dapat memanifestasikan kehendak mereka secara sukarela, tanpa pengaruh dari siapapun dan serta aktif dalam menghadiri kegiatan-kegiatan politiknya, seperti kampanye, sosialisasi Pemilukada, pemberian suara. Namun keaktifan anggota masyarakat tentu harus didorong oleh sikap orientasi yang begitu tinggi disamping itu pula kesadaran dan motivasi warga masyarakat dalam kegiatan politik sangat penting untuk menopang tingkat partisipasi politik fenomena-fenomena ini selalu muncul dalam kegiatan Pemilu lebih-lebih lagi dalam pelaksanaan pemilihan Kepala Daerah. Permasalahan Penelitian ini adalah: (a) Apakah faktor-faktor yang mempengaruhi partisipasi masyarakat Kecamatan Dau dalam Pemilukada 2010 dan, (b) Bagaimana partisipasi masyarakat Kecamatan Dau pada pelaksanaan Pemilukada 2010. Tujuan Penelitian ini Berdasarkan rumusan masalah sebagai berikut : (1) Untuk mengetahui fakto-faktor yang yang mempengaruhi partisipasi masyarakat Kecamatan Dau dalam pelaksanaan Pemilu Kada 2010, (2) Untuk mengetahui partisipasi masyarakat Kecamatan Dau dalam pelaksanaan Pemilu Kada 2010. Rancangan yang dilaksanakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian deskriptif kualitatif . Lokasi yang penelitian dilaksanakan di Kecamatan Dau Kabupaten Malang teknik wawancara, dukomentasi, dan observasi. Teknik analisis data dimulai dengan Anggota KPUD Kabupaten Malang, Angggota PPK Kecamatan Dau dan Masyarakat Kecamatan Dau. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data yaitu menelaah seluruh data dari berbagai sumber kemudian mengadakan reduksi data dan dilakukan pengecekan keabsahan data dengan mengunakan trianggulasi metode. Dari hasil Penelitian tingkat partisipasi masyarakat di Kecamatan Dau sebelum Pemilukada 2010 dilasanakan KPUD, PPK, PPS, KPPS dengan cara mengadakan Rapat Pleno dengan masayarakat Kec Dau, kegiatan rutin warga jemaah pengajian, rapat RT, PKK. Kegiatan kampnye dan pemberian suara berlangsung antusia cukup tinggi. Sedangkan faktor yang mempengaruhi partisipasi politik masyarakat yaitu: (a) figure ketiga pasangan calon sangat menetukan, (b) partai pengusung atau strategi sosiaslisasi visi dan misi kepada masyarakat, (c) menyakut masalah domisili tidak tetap, (d) sosialisasi yang dilakukan oleh penyelenggara.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: K Law > K Law (General)
L Education > L Education (General)
Depositing User: Mrs Fatimah Azzahra
Date Deposited: 02 May 2016 04:41
Last Modified: 02 May 2016 04:41
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28867

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo