UMM Institutional Repository

PENERAPAN METODE STAD DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG

ALVYANTO, EKA SAPRI (2012) PENERAPAN METODE STAD DENGAN TEKNIK MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA VIIIC SMP MUHAMMADIYAH 1 MALANG. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekasaprial-30240-2-bab1.pdf

Download (211kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-ekasaprial-30240-1-pendahul-n.pdf

Download (623kB) | Preview

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar siswa secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya dan masyarakat. Peningkatan kualitas pembelajaran di kelas selalu diupayakan dalam dunia pendidikan saat ini, salah satu upaya yang dilakukan yaitu inovasi-inovasi baru dalam penyusunan rancangan kegiatan pembelajaran di kelas. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi Biologi kelas VIII C SMP Muhammadiyah 1 Malang menunjukkan bahwa, hasil belajar siswa kurang maksimal hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa yang belum memenuhi kriteria ketuntasan minimum (KKM), sebanyak 64% siswa memperoleh nilai rata-rata di bawah KKM, dimana KKM untuk mata pelajaran biologi di SMP Muhammadiyah 1 Malang adalah 72, dengan nilai rata-rata siswa sebesar 69, dengan demikian dapat dikatakan bahwa proses belajar biologi siswa kelas VIII masih kurang dan perlu adanya peningkatan. Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui aktivitas belajar siswa dengan penerapan metode STAD dan Mind Mapping, 2) Penerapan metode STAD dengan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK), dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah “STAD dengan teknik Mind Mapping”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Penerapan metode STAD dan Mind Mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa dari siklus I ke siklus II secara klasikal, 2) Penerapan metode STAD dan Mind Mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang diukur dari prosentase ketuntasan belajar secara klasikal dari siklus I ke Siklus II. Pada siklus I secara klasikal ketuntasan belajar adalah 44.44% hal ini belum dikatakan tuntas karena siswa yang tuntas belajar kurang dari 80% dan jumlah ini meningkat pada siklus II menjadi 82.76% sehingga pada siklus II sudah dikatakan tuntas.

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 04:24
Last Modified: 02 May 2016 04:24
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28861

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo