UMM Institutional Repository

PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) BERBASIS LESSON STUDY DI KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU

IMAMSYAH, (2012) PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP DAN AKTIVITAS BELAJAR BIOLOGI PESERTA DIDIK MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENTS TEAMS ACHIVEMENT DIVISION) BERBASIS LESSON STUDY DI KELAS VII-A SMP MUHAMMADIYAH 06 DAU. Other thesis, University of Muhammadiyah Malang.

[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imamsyah07-28690-2-babi.pdf

Download (84kB) | Preview
[img]
Preview
Text
jiptummpp-gdl-imamsyah07-28690-1-pendahul-n.pdf

Download (1MB) | Preview

Abstract

Berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan guru bidang studi biologi di SMP Muhammadiyah 06 Dau, menunjukkan bahwa pada mata pelajaran biologi di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau tahun pelajaran 2010-2011 banyak peserta didik yang tidak tuntas atau rendahnya pemahaman konsep di bawah Standar Ketuntasan Maksimum (SKM <75). Selain itu, aktivitas belajar peserta didik masih rendah. Rendahnya aktivitas belajar peserta didik dapat berpengaruh terhadap pemahaman konsep peserta didik. Penelitian ini bertujuan: (1) mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) Berbasis Lesson Study dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik dalam proses pembelajaran biologi di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau; (2) mengetahui apakah penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD (Student Teams Achivement Division) Berbasis Lesson Study dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik dalam proses pembelajaran biologi di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 23 Januari – 09 Februari 2012. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis LS dapat meningkatkan pemahaman konsep peserta didik di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau (2) Penerapan pembelajaran kooperatif tipe STAD berbasis LS dapat meningkatkan aktivitas belajar peserta didik di kelas VII-A SMP Muhammadiyah 06 Dau. Pada pemahaman konsep/ hasil belajar terbukti dari hasil tes peserta didik pada siklus 1 presentase peserta didik yang tuntas adalah 67,85% dan mengalami peningkatan sebesar 10,72% sehingga pada siklus II adalah 78,57%. Sedangkan pada aktivitas belajar peserta didik pada siklus I presentase rata-rata keseluruhan adalah 68,56% dan mengalami peningkatan 9,45% sehingga pada siklus II adalah 78,01%..

Item Type: Thesis (Other)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teacher Training and Education > Department of Biology Education (84205)
Depositing User: Mrs Ruli Alfi
Date Deposited: 02 May 2016 04:22
Last Modified: 02 May 2016 04:22
URI : http://eprints.umm.ac.id/id/eprint/28860

Actions (login required)

View Item View Item
UMM Official

© 2008 UMM Library. All Rights Reserved.
Jl. Raya Tlogomas No 246 Malang East Java Indonesia - Phone +62341464318 ext. 150, 151 - Fax +62341464101
E-Mail : infopus[at]umm.ac.id - Website : http://lib.umm.ac.id - Online Catalog : http://laser.umm.ac.id - Repository : http://eprints.umm.ac.id

Web Analytics

UMM Institutional Repository is powered by :
EPrints Logo